alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

3 Tahun Ambles, Jalan Camba Toa Pangkep Akhirnya Diperbaiki

Muhammad Subhan
3 Tahun Ambles, Jalan Camba Toa Pangkep Akhirnya Diperbaiki
Jalan ambles di Camba Toa akhirnya diperbaiki setelah rusak selama tiga tahun. Foto: SINDOnews/Ilustrasi

PANGKEP - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pangkep, akhirnya melakukan perbaikan jalan di Kampung Camba Toa, Kelurahan Pabundukang, Kecamatan Pangkajene yang telah ambles selama tiga tahun.

Jalan ini diketahui menghubungkan Kecamatan Pangkajene dengan Kecamatan Bungoro, Kabupaten Pangkep.

Plt Kepala BPBD Pangkep, Kallang Ambo Dalle menjelaskan, pekerjaan jalan yang ambles sepanjang 50 meter ini secara keseluruhan diperkirakan akan menelan anggaran sebesar Rp1,9 miliar. Namun untuk pekerjaan dinding dengan tiang pancang, menelan anggaran sekitar Rp1,4 miliar. Sementara untuk penimbunan dan pekerjaan beton sekitar Rp500 juta.



"Pekerjaan perbaikan jalan ini untuk sementara hanya dikerjakan pada bagian dinding, disebabkan anggaran untuk secara keseluruhan belum mencukupi," jelas Kallang, Minggu (20/10/2019).

Ia mengakui, lambannya pengerjaan jalan ambles di bantaran sungai Pabundukang ini, diakibatkan perubahan perencanaan konstruksi hingga empat kali.

"Berbagai pertimbangan teknis, perencanaan berubah hingga empat kali. Awalnya, pekerjaan jalan ini menggunakan gorong-gorong, rencana kedua menggunakan gelagar, rencana ketiga menggunakan gelagar dan pancang kayu. Saat ini, perencanaan itu berubah lagi. Ruas jalan akan dikerjakan dengan sheet pile beton, agar air tidak masuk lagi," bebernya.

Dengan sistem sheet pile ini kata dia, maka tak ada celah yang kerap menjadi penyebab amblesnya jalan ke sungai yang berada persis di sisi jalan.

Sejak ambles, jalan ini sulit dilalui kendaraan roda empat. Kondisi ini cukup menyulitkan dan membahayakan pengguna jalan karena bagian jalan yang ambles berada di tengah jalan. Pihak kepolisian juga telah memasang garis polisi untuk menghindari jatuhnya korban.

Beberapa waktu lalu, Ketua TP4D Pangkep, Mustar menyarankan agar proses pengerjaan jalan ini dipercepat. Mengingat, jalan tersebut merupakan salah satu jalan penghubung antar kecamatan. Untuk itu, tender proyek ini akan menggunakan sistem lelang cepat agar proses pengerjaannya bisa lebih cepat.

"Usulan PPK agar ini dilakukan lelang cepat karena sudah tak memungkinkan menggunakan lelang umum," pungkasnya.



(man)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook