alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Satlantas Polres Pangkep Sosialisasi Operasi Zebra 2019 di CFD

Muhammad Subhan
Satlantas Polres Pangkep Sosialisasi Operasi Zebra 2019 di CFD
Momen car free day di Pangkep dimanfaatkan Satlantas Polres Pangkep untuk sosialisasi operasi zebra. Foto: SINDOnews/Muhammad Subhan

PANGKEP - Satuan Lalu Lintas Polres Pangkep memanfaatkan momen car free day (CFD) untuk menyosialisasikan rencana Operasi Zebra 2019. Operasi Zebra digelar serentak di seluruh Indonesia mulai 23 Oktober.

Kasat Lantas Polres Pangkep, AKP Mamat Rahmat mengatakan, sosialisasi dalam kegiatan CFD lebih cepat diterima oleh masyarakat. Ketimbang sosialisasi di ruang kelas ataupun tempat lainnya.

Ia menjelaskan, sasaran Operasi Zebra nanti yaitu pemeriksaan SIM, STNK dan pajak kendaraan. Selain itu, Operasi Zebra juga akan menyasar pelanggaran lain yaitu, penggunaan helm, melawan arah, pengendara di bawah umur, berboncengan tiga, mabuk saat berkendara, dan penggunaan sabuk pengaman.



"Operasi Zebra ini sifatnya preventif atau penindakan dengan sasaran yaitu kelengkapan surat dan pelanggaran kasat mata," terangnya, Minggu (20/10/2019).

Ia menambahkan, meski bersifat penindakan, namun pihaknya juga mengedepankan pemasukan negara melalui penerimaan negara bukan pajak (PNBP). Jika ditemukan pelanggaran terkait kelengkapan surat seperti pengendara yang tidak memiliki SIM atau belum bayar pajak, pihaknya akan memberi sanksi dengan membuat SIM atau membayar pajak.

"Penindakannya bukan hanya tilang, bisa dengan membuat SIM atau menyuruh mereka membayar pajak kendaraannya," ujarnya.

Selain membentang spanduk, AKP Mamat Rahmat juga berkeliling menggunakan sepeda sambil membawa pengeras suara dan mengajak masyarakat Pangkep untuk menaati peraturan berlalu lintas dalam mendukung kegiatan Oprasi Zebra 2019.



(man)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook