alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Cuaca Ekstrem Melanda Sulsel, Suhu Capai 38,2 Derajat Celsius

Najmi Limonu
Cuaca Ekstrem Melanda Sulsel, Suhu Capai 38,2 Derajat Celsius
Salah seorang petugas stasiun klimatologi kelas 1 Maros sedang memperhatikan kelembaban suhu tanah, dan suhu udara yang sedang terjadi. Foto: SINDOnews/Najmi Limonu

MAROS - Cuaca ekstrem melanda sebagian wilayah di Sulawesi Selatan (Sulsel) di pantai barat mulai dari Parepare hingga daerah selatan hari ini, Senin (21/10/2019) dan beberapa hari sebelumnya. Suhu udara, bahkan disebut telah menyentuh angka 38,2 derajat celsius.

Data dari Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) stasiun Klimatologi kelas 1 Kabupaten Maros menyebut, suhu udara 38,2 derajat celsius yang terjadi pada Minggu (20/10/2019) kemarin, adalah yang terpanas sejak tahun 1985.

Kepala BMKG stasiun klimatologi kelas 1 Kabupaten Maros, Hartanto menyebut, suhu panas akan terus berlangsung hingga beberapa pekan ke depan. Angkanya kata dia, diperkirakan pada suhu 36 derajat celsius.



"Beberapa pekan ke depan, kita masih memperkirakan suhu ini masih akan bertahan dan mencapai hingga 36 derajat celsius. Mengingat potensi hujan baru akan terjadi pada akhir bulan november," ujarnya.

Hartanto menyebutkan, kondisi paling panas yang terjadi di Sulsel pernah menyentuh angka 39 derajat celsius. Namun saat itu, kondisi tersebut terjadi akibat elnino.

"Warga diminta untuk mewaspadai potensi api. Cuaca bukan penyebab kebakaran, tapi akan mempercepat proses kebakaran, dan akan memperlambat pemadaman. Sehingga harus diwaspadai," jelasnya.



(man)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook