alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Angin Kencang Sulitkan Pemadaman Kebakaran di Gunung Lompobattang

Herni Amir
Angin Kencang Sulitkan Pemadaman Kebakaran di Gunung Lompobattang
Api terlihat menyala di bagian lain gunung Lompobattang. Foto: SINDOnews/Herni Amir

SUNGGUMINASA - Kebakaran hebat terjadi di gunung Lompobattang, Kabupaten Bantaeng sejak Minggu (20/10/2019) sore. Hingga hari ini, proses pemadaman masih terus dilakukan oleh Manggala Agni Ops Daops Kabupaten Gowa.

Hanya saja, petugas mengalami kesulitan dalam memadamkan api lantaran angin kencang dan kondisi medan yang menyulitkan petugas.

"Tapi masih sulit dikendalikan karena angin kencang dan banyak pohon roboh yang dapat membahayakan petugas," ungkap Kepala Manggala Agni Ops Daops Gowa, Ishak Andi Kunna, Senin (21/10/2019) malam.



Menurut Ishak, sejauh ini luas lahan yang terbakar belum bisa dipastikan. Pihaknya masih belum bisa melakukan diidentifikasi karena masih dilakukan pemadaman.

Saat ini, Personil Manggala Agni dibantu pihak, Polsek, koramil, aparat desa dan kelurahan serta masyarakat setempat masih berupaya melakukan pemadaman dengan peralatan seadanya.

Dia memaparkan, meski upaya pemadaman di malam hari lebih beresiko lagi, namun upaya pemadaman tetap di maksimalkan agar api tidak menjangkau pemukiman.

"Mohon dukungan doa agar angin dan api tidak ekstrem," pungkasnya.

Kebakaran yang terjadi kawasan gunung Lompobattang membuat warga yang bermukim di sekitar wilayah tersebut mengungsi ke daerah yang lebih aman.

Seperti yang dilakukan warga di Dusun Bontosunggu, Desa Rapolemba. Asap mulai menebal di dusun tersebut serta api yang semakin dekat ke permukiman, membuat masyarakat memilih angkat kaki dari rumah mereka.



(man)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook