alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

10 Bakal Calon Wali Kota Makassar Berebut Rekomendasi Partai Perindo

Muhaimin
10 Bakal Calon Wali Kota Makassar Berebut Rekomendasi Partai Perindo
Tim dari salah satu bakal calon Wali Kota Makassar saat mengambil formulir penjaringan di Perindo Kota Makassar. Foto: Istimewa

MAKASSAR - Partai Persatuan Indonesia (Perindo) memang hanya menguasai dua kursi di DPRD Kota Makassar. Walau begitu, Perindo tetap dilirik sejumlah figur untuk jadi kendaraan politik di Pilwalkot Makassar 2020 mendatang.

Sejak penjaringan bakal calon Wali Kota Makassar dibuka, sudah ada 10 orang yang telah mendaftar.

"Dari 11 yang mengambil formulir, 10 orang yang mengembalikan. Artinya ke-10 orang inilah yang akan bersaing untuk mendapat restu partai Perindo," ungkap Ketua Tim Desk Pilkada Perindo Makassar, Adam.



Sepuluh orang tersebut ialah; Syamsu Rizal MI, Irman Yasin Limpo, Sukriansyah S Latief, Andi Bashar, Julia Putri Noor, Haris Yasin Limpo, Fadli Ananda, Munafri Arifuddin, Moh Ramdhan Pomanto dan Abdul Rachmat Nur. Sementara satu orang yang tidak mengembalikan formulir ialah Syarifuddin Daeng Punna.

Adam mengungkapkan, tahap selanjutnya, tim akan melakukan seleksi terhadap 10 kandidat tersebut. Langkah pertama ialah mengukur elektabilitas figur dengan survei.

“Kita akan minta hasil survei yang dilakukan oleh masing-masing kandidat. Kita tahu, masing-masing kandidat pasti punya lembaga survei tersendiri. Tapi kita juga akan lakukan survei internal di partai. Ini dilakukan agar hasil surveinya adil dan independen. Jadi kita bandingkan hasil survei semuanya,” tuturnya.

Setelah dilakukan survei, kata Adam, selanjutnya masuk ke tahap pembobotan yakni fit and proper test. Dalam tahap tersebut, visi misi kandidat akan digali dan bagaimana komitmennya ke depan bersama partai Perindo.

“Selain ada dari internal partai, kita juga libatkan dua pakar dari akademisi yang ada di Universitas di Makassar. Salah satunya pakar pemerintahan. Pakar ini kemudian akan menggali sejauh mana kandidat tersebut membangun Kota Makassar kedepan,” terangnya.

Soal jadwal fit and proper test, Adam mengaku pihaknya belum menentukannya.

“Ada yang usulkan bulan November, Desember dan Januari. Tapi kita belum pastikan kapan,” ujarnya.



(man)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook