alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Hutan Masih Terbakar, Warga Gowa Diimbau Segera Mengungsi

Herni Amir
Hutan Masih Terbakar, Warga Gowa Diimbau Segera Mengungsi
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gowa mengimbau warga Gowa yang berada di sekitar gunung Lompobattang agar segera mengevakuasi diri guna menghindari hal yang tidak diinginkan. Foto : SINDOnews/Doc

SUNGGUMINASA - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa mengimbau warga Gowa yang berada di sekitar gunung Lompobattang agar segera mengevakuasi diri guna menghindari hal yang tidak diinginkan.

Kepala BPBD Pemkab Gowa, Iksan Parawangsa mengatakan, kebakaran lahan dan hutan (karhutla) yang terjadi di Tompobulu meliputi kawasan Rappoala dan Rappolemba.

Dari data terakhit sebut Iksan, diperkirakan puluhan hektare karhutla di Rappolemba yang belum padam. "Kondisi sekarang kami menghimbau ke masyarakat untuk menjaga dan mengevakuasi warga yang dekat dengan kawasan, sementara di rumah keluarga/kerabat terdekat warga dan masjid,"ungkapnya, Selasa (22/10/2019).



Menurut Iksan, kondisi angin yang tak menentu membuat petugas kewalahan menaklukkan api. BPBD Gowa sudah menyiapkan 20 tenda untuk pengungsi.

"Cuman sejauh ini tidak ada warga yang bersedia tinggal di tenda. Mereka lebih memilih mengungsi di keluarganya,"katanya.

Adapun kekuatan yang bergerak membantu BPBD Gowa lanjutnya, Dinas Damkar Gowa dan Jeneponto, TNI dan Polri, Manggala Agni, bersama Pemerintah setempat dan masyarakat saling bahu membahu membantu dalam pemadaman kawasan hutan tersebut.

Diketahui kebakaran karhutla di Lompobattang mulai terjadi sejak Minggu (20/10/2019) sekitar pukul 09.00Wita. Warga Rappolemba sudah memilih mengungsi sejak Senin malam (21/10/2019).



(sss)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook