Nakes di Luwu Utara Diminta Jadi Contoh Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19

Sabtu, 13 Februari 2021 - 21:34 WIB
loading...
Nakes di Luwu Utara Diminta Jadi Contoh Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19
Pemerintah Kabupaten Luwu Utara meminta kepada tenaga kesehatan untuk menjadi contoh pelaksanaan Vaksinasi Covid-19. Foto: Istimewa
A A A
LUWU UTARA - Tenaga kesehatan (nakes) diminta untuk memberikan contoh kepada masyarakat, agar bisa menyukseskan pencanangan Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Luwu Utara.

Terlebih nakes sebagai prioritas pertama dan utama penerima vaksinasi Covid-19, karena mereka dianggap paling penting untuk mencegah penularan Covid-19, sehingga kondisi mereka harus selalu prima, sehingga pelayanan bisa berjalan baik.

Juru Bicara (jubir) Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Utara untuk Penanganan Covid-19, Komang Krisna, mengatakan, pelaksanaan vaksinasi penyuntikan pertama telah selesai. Tinggal menunggu penyuntikan dosis kedua yang rencananya akan dimulai pada Senin 15 Februari 2021 mendatang. Meski target terpenuhi, tapi hasilnya masih di luar ekspektasi.



Dirinya menjelaskan, ada 408 nakes gagal disuntik. Sebagian beralasan memiliki penyakit bawaan alias komorbid. Namun, pada pelaksanaan vaksinasi tahap kedua, nakes yang memiliki komorbid tetap bisa disuntik vaksin. Hal ini diperkuat dengan terbitnya Surat Edaran Kementerian Kesehatan Nomor: HK.02.02/II/368 /2021 tentang Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 pada Kelompok Sasaran Lansia, Komorbid dan Penyintas Covid-19 serta Sasaran Tunda

“Sekarang sudah ada perubahan kriteria. Di mana kelompok lansia, komorbid, dan penyintas Covid-19 sudah bisa disuntik vaksin. Jadi pelaksanaan vaksinasi Covid-19 tahap kedua, kita berharap para nakes yang masuk kelompok komorbid, sudah bisa disuntik vaksin, termasuk yang menyusui,” terang Kabid Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan ini.

Dia berharap, para nakes ini bisa menjadi contoh dan teladan yang paling baik bagi masyarakat lainnya yang juga akan divaksinasi setelah para nakes selesai menerima suntikan kedua.



“Nakes harus menjadi role model buat masyarakat lainnya. Jangan sampai nakes yang ketakutan sendiri, sehingga berdampak ke masyarakat luas,” ujar dia mengingatkan.

Sekali lagi, Komang tegas meminta para nakes di Luwu Utara untuk menjadi contoh yang baik bagi masyarakat lainnya.

“Saya minta, yakinkan diri kita dan masyarakat lainnya bahwa vaksinasi Covid-19 ini akan memberikan manfaat yang sangat baik untuk masyarakat yang lain. Tentu dengan harapan, pandemi ini tidak berkepanjangan,” tandasnya.
(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.9978 seconds (0.1#10.140)