Olahraga 15 Menit Setiap Hari Bisa Perpanjang Umur Loh

Minggu, 14 Februari 2021 - 07:39 WIB
loading...
Olahraga 15 Menit Setiap Hari Bisa Perpanjang Umur Loh
Tim peneliti merujuk studi delapan tahun yang menunjukkan bahwa berolahraga setiap hari selama 15 menit mengurangi semua penyebab kematian sebesar 14%. Foto: Ilustrasi/Verywell Health
A A A
JAKARTA - Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa olahraga atau beraktivitas fisik selama 15 menit setiap hari bisa mempepanjang umur. Dikutip dari American Association of Retired Persons (AARP), 15 menit aktivitas fisik setiap hari dapat meningkatkan rentang hidup hingga tiga tahun.

Tak hanya itu, penelitian yang dilakukan oleh peneliti Universitas Harvard ini juga menunjukkan peningkatan manfaat dengan setiap menit aktivitas yang dilakukan.

Tim peneliti merujuk studi delapan tahun yang menunjukkan bahwa berolahraga setiap hari selama 15 menit mengurangi semua penyebab kematian sebesar 14%. Hal senada juga ditemukan tim peneliti, di mana menggerakkan tubuh selama 15 menit setiap hari menambahkan tiga tahun harapan hidup.



Setiap tambahan 15 menit aktivitas fisik setiap hari menurunkan angka kematian selama masa studi sebanyak 4%. Dr Daniel Forman, seorang ahli jantung dan ahli geriatri di Rumah Sakit Wanita dan Brigham yang berafiliasi dengan Harvard, menyoroti manfaat bergerak.

"Olahraga menurunkan kerentanan Anda terhadap serangan jantung, gagal jantung, penyakit arteri perifer, dan aritmia. Anda tidak hanya merasa lebih baik, tetapi juga berfungsi lebih baik," ungkap Dr Forman seperti dikutip Daily Express, Selasa (9/2/2021).

Komitmen harian untuk menggerakkan tubuh sangatlah penting guna mendapatkan manfaat kesehatan. "Pilihlah aktivitas yang Anda sukai, karena Anda lebih cenderung melakukannya," tambah Dr Forman.

Adapun aktivitas fisik yang disarankan di antaranya adalah jalan cepat, menari, tai chi, aerobik air, naik sepeda, tenis ganda, mendorong mesin pemotong rumput, mendaki, bermain sepatu roda, jogging, lari, renang, sepak bola, ragbi, bola jaring, hoki, lompat tali, senam, seni bela diri, pilates, push-up, sit-up, olahraga dengan resistance band, mencuci mobil, naik tangga dan naik eskalator.

(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3509 seconds (0.1#10.140)