alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Operasi Zebra di Kabupaten Maros Juga Sasar Pengemudi Truk

Najmi Limonu
Operasi Zebra di Kabupaten Maros Juga Sasar Pengemudi Truk
Pihak kepolisian saat melakukan operasi zebra di Jalan Jenderal Sudirman Kabupaten Maros, Rabu, (23/10/2019). Foto: Sindonews/Najmi Limonu

MAROS - Polres Maros menggelar operasi zebra di jalan Jendral Sudirman, Rabu, (23/10/2019). Operasi zebra ini dilaksanakan mulai dari tanggal 23 Oktober hingga 5 November mendatang.

Kasat Lantas Polres Maros AKP Amelia Normadiah menjelaskan, operasi zebra ini untuk menekan pelanggaran lalu lintas. Operasi ini merupakan operasi resmi yang dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia.

Nantinya kata dia, para pengendara kendaraan bermotor yang melanggar akan dijatuhi sanksi berdasarkan undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas.



"Yang akan dikedepankan adalah penindakan dan pelanggaran, khususnya pada supir-supir truk," jelasnya.

Tak hanya itu, ada tujuh prioritas utama dalam operasi zebra, yakni kelengkapan surat-surat berupa SIM dan STNK, pengendara yang melawan arus, penggunaan HP saat berkendara, pengendara yang mabuk dan narkoba, tidak menggunakan helm, kecepatan yang melebihi batas, rotator sirene, menggunakan sabuk pengaman.

Amaliyah menambahkan, selama pelaksanaan operasi zebra ini, dibantu tim dari samsat. Sehingga jika ada pelanggar yang belum membayar pajak kendaraannya maka diarahkan ke petugas samsat.

"Sasaran operasi ini adalah untuk meningkatkan pemasukan pajak kendaraan. Jadi warga yang memiliki kendaraan yang pajaknya jatuh tempo, maka dapat menyelesaikan pembayarannya di tempat," imbuhnya.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook