Gubernur Sulsel Dorong Pengembangan Bandara Arung Palakka Bone

Minggu, 14 Februari 2021 - 16:43 WIB
loading...
Gubernur Sulsel Dorong Pengembangan Bandara Arung Palakka Bone
Bandara Udara Arung Palakka Kabupaten Bone kembali difungsikan. Foto: Humas Pemprov Sulsel
A A A
BONE - Pengembangan Bandara Arung Palakka di Kabupaten Bone, menjadi perhatian Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) . Bandara Arung Palakka terletak di Desa Mappalo Ulaweng, Kecamatan Awangpone. Bandara ini mulai dibangun secara bertahap pada tahun 2007, dan baru beroperasi tahun 2013.

Bandara ini diharapkan menjadi gerbang utama transportasi udara bagi empat kabupaten di sekitarnya, yaitu Bone, Soppeng, Wajo, dan Sinjai. Bandara ini sempat difungsikan, namun terhenti pelayanan penerbangan komersialnya sejak empat tahun lalu.



Dari segi teknis, bandara ini tetap siap beroperasi. Pemprov Sulsel akan mengembangkan dengan memperbaiki akses jalan masuk. Sedangkan pemerintah pusat akan memperpanjang runway dari 1.200 meter menjadi 1.600-1.700 meter.

Jika sebelumnya bandara hanya melayani pesawat caravan, selanjutnya akan melayani pesawat jenis ATR-72. Bahkan pengembangan lebih jauh dapat dilandasi pesawat jenis boeing.

"Kami ini lagi merancang Sulsel terkoneksi termasuk Bandara Bone , ini sebenarnya bandara yang paling potensial. Kalau kita lihat dari segi lokasi, di antara seluruh bandara yang ada, Bone ini bisa kita jadikan hub," kata Nurdin Abdullah di Bone, Minggu (14/2/2021).

Nurdin ke Bone dengan menggunakan helikopter dari Makassar, dan mendarat di bandara yang dulunya bernama Bandara Mappalo Ulaweng. Ia mengaku akan meminta Kementerian Perhubungan agar runway diperpanjang hingga 2.100 meter.

"Kalau bisa 2.100 meter, Boeing sudah bisa masuk di sini," sebutnya.

Dengan demikian, juga akan dibangun kembali terminal. Nurdin juga menyampaikan, sejauh ini subsidi tiket diberikan untuk beberapa penerbangan di Sulsel, termasuk nantinya di Arung Palakka .

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.9107 seconds (0.1#10.140)