Gubernur Gandeng Perseroda dan Bank Sulselbar Sejahterakan Petani

Minggu, 14 Februari 2021 - 17:50 WIB
loading...
Gubernur Gandeng Perseroda dan Bank Sulselbar Sejahterakan Petani
Gubernur Sulsel, HM Nurdin Abdullah di lokasi panen raya jagung hibrida NASA 29 di Desa Unra Baru, Kabupaten Bone, Minggu (14/2/2021). Foto: Humas Pemprov Sulsel
A A A
BONE - Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) , HM Nurdin Abdullah menggandeng PT Citra Indonesia ( Perseroda ) Sulsel dan Bank Sulselbar , untuk menyejahterakan masyarakat Sulsel.

Kerja sama tersebut masing-masing mengambil bagian, Pemprov Sulsel sebagai fasilitator, Perseroda sebagai penyangga hasil pertanian, Bank Sulselbar sebagai penyedia modal dan pemerintah kabupaten kota menyediakan lahannya.



"Kita berada di Kabupaten Bone tepatnya di Desa Unra Baru. Saya kira sampai hari ini masalah klasik para petani kita ketika mereka mau menanam pasti bibit menjadi soal, ketika mereka mau memupuk pupuk menjadi soal, ketika panen raya harga yang menjadi soal," ungkap Nurdin Abdullah , di lokasi panen raya jagung hibrida NASA 29 di Desa Unra Baru, Kabupaten Bone, Minggu (14/2/2021).

"Kami hari ini hadir untuk menjadikan Kabupaten Bone ini mandiri benih. Dan hari ini kita panen perdana di area 100 hektare, dan mengejutkan kita karena produksinya juga luar biasa, 4 ton benih menghasilkan sampai 13 ton. Dan ini sudah dilaunching oleh Bapak Presiden, NASA 29, tinggal sekarang bagaimana kita perluas di daerah-daerah menjadi mandiri benih," lanjutnya.

Ke depan, kerja sama Pemprov Sulsel , Perseroda, Bank Sulselbar dan pemerintah kabupaten kota terus berinovasi untuk meningkatkan jumlah produksi dengan umur pendek.

"Tidak lagi setiap tahun benih menjadi soal, apalagi ada inovasi itu ditingkatkan produksinya. Ke depan kita berharap, kita bisa menghasilkan bibit umur pendek dengan produksi lebih besar lagi. Itu harapan kita," kata Guru Besar Kehutanan itu.

Adanya Perseroda dan Bank Sulselbar tentunya akan menjadi jaminan baik dari harga jagung maupun penyaluran hasil produksi petani. Apalagi Pemprov Sulsel saat ini sudah menjaring kerja sama dengan Asosiasi Pengumpul Padi (Perpadi) Sulsel.



"Kami punya Perseroda , kami punya perbankan, Bank Sulselbar yang mensupport terus, Pak Bupati menyiapkan lahan, menyiapkan petani. Saya kira ini adalah sebuah kolaborasi yang bagus. Tinggal sekarang, saya minta Perseroda bersama dengan Bank Sulselbar menjadi penyangga jagung. Karena sudah menjadi rahasia umum bahwa masih ada kartel, ini yang harus kita putus," jelasnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1941 seconds (0.1#10.140)