alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Polisi Bakal Tilang Ojol yang Gunakan Ponsel saat Berkendara

Faisal Mustafa
Polisi Bakal Tilang Ojol yang Gunakan Ponsel saat Berkendara
Polisi akan menilang pengemudi ojek online yang menggunakan telepon seluler saat berkendara. Foto/Ilustrasi/SINDOnews.

MAKASSAR - Satuan Lalu Lintas Polrestabes Makassar berjanji menindak para pengemudi ojek online (ojol) yang menggunakan telepon seluler (ponsel) saat berkendara. Terlebih, banyak driver ojol yang kebiasaan menaruh ponselnya di kemudi kendaraan.

Kasat Lantas Polrestabes Makassar, Kompol Fatur Rahman, menjelaskan penggunaan ponsel saat berkendara bisa memicu kecelakaan lalu lintas. Ironisnya, banyak kebiasaan pengendara yang buruk, mulai dari menyimpan ponsel di setir kendaraan hingga menyelip ponsel di sela helmnya.

"Seminggu saya menjabat Kasat Lantas sudah jadi fokus kita, khusus pengguna ojek online yang menggunakan handphone di kendaraannya, karena itu sangat menggangu konsentrasi dari pada pengendara itu sendiri. Ya bertahap, nanti akan kita beri sosialisasi lagi," kata dia, kepada SINDOnews, Rabu (23/10/2019).



Operasi Zebra ini digelar selama 14 hari secara serentak di seluruh Indonesia. Pelaksanaannya dilakukan mulai 23 Oktober-5 November mendatang. Dalam operasi kali ini, terdapat 12 pelanggaran lalu lintas yang disasar untuk ditindaki.

Fatur menjelaskan selain larangan penggunaan ponsel saat berkendara, pelanggaran yang akan ditindak yakni pengendara motor yang tidak memakai helm standar, pengemudi yang tidak memekai safety belt, pengendara yang melebihi batas kecepatan, pengendara dalam pengaruh alkohol, pengendara melawan arus dan pengendara yang masih dibawah umur.

"Operasi Zebra ini penegakan hukumnya 80 persen, tentu akan kita lakukan penindakan secara represif berupa penilangan terhadap pelanggar-pelanggar dengan sasaran prioritas, 10 persen edukasi dan 10 persen pencegahan,” tegasnya.

Maka dari itu masyarakat Kota Makassar diminta untuk mematuhi rambu lalu lintas hingga melengkapi surat kendaraan serta mengecek kelengkapan berkendara agar meminimalisir angka kecelakaan. Operasi Zebra ini akan melibatkan beberapa stakeholder yakni TNI dan Dinas Perhubungan.

"Kalau untuk Polrestabes Makassar sendiri kami menurunkan sekitar 150 orang personel pada Operasi Zebra. Kalau polanya kita akan gelar di titik-titik jalan tertentu, anggota juga berpatroli di lokasi yang sering terjadi pelanggaran lalu lintas" tutupnya.



(tyk)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook