alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Operasi Sikat Lipu, Polres Gowa Gulung 19 Penjahat Jalanan

Herni Amir
Operasi Sikat Lipu, Polres Gowa Gulung 19 Penjahat Jalanan
Polres Gowa mengekspose hasil Operasi Sikat Lipu selama dua pekan terakhir. Foto: SINDOnews/Herni Amir.

SUNGGUMINASA - Aparat Kepolisian Resor (Polres) Gowa menggulung 19 penjahat jalanan yang meresahkan masyarakat. Mereka ditangkap dalam Operasi Sikat Lipu 2019 yang berlangsung selama 14 hari terakhir.

"Ada 19 pelaku yang kita amankan bersama sejumlah barang bukti hasil kejahatan para pelaku," ungkap Kapolres Gowa AKBP Shinto Silitonga,

Adapun 19 pelaku yang saat ini telah diamankan yakni Pajar (22), Muhammad Syarief (24), Bambang (24), Risal (36), Rahman (18), Ade (21), Taufik (16), Rendi (16), Fajar (13), Riyan (19), Sofyan (17), Resky (17), Rusli (24), Syahrullah (27), Amir (45), Acung (17), Wahid (18) dan Zainal (33).



Selain 19 pelaku ini masih terdapat tiga pelaku lainnya yang masuk daftar pencarian orang alias DPO. Para pelaku merupakan sindikat penjahat jalanan yang kerap meresahkan warga.

Shinto menyebutkan pada umumnya para pelaku ini merupakan resdivis. Di antara pelaku juga ada yang masih di bawah umur. "Motif pelaku ini karena faktor ekonomi. Hasil dari kejahatan itu mereka gunakan untuk berfoya-foya," ungkapnya.

Puluhan penjahat jalanan ini terlibat dalam tindak pidana berbeda, seperti curas, curat, dan curanmor. Sebelum beraksi, mereka terlebih dahulu memantau para korbannya.

Untuk kasus curas, pelaku melakukan aksinya dengan mengikuti korban. Kemudian mengambil barang korban. Sasaran utamanya yakni perempuan. Sementara untuk pelaku curanmor, mereka beraksi saat korban lupa mencabut kunci kendaraan. Kemudian membawa lari motor korban.

Shinto mengungkapkan Polres Gowa telah mengamankan berbagai macam barang bukti. Di antaranya yakni 9 unit motor, 8 handphone, 10 tabung gas, beberapa cincin dan kalung emas.

"Para pelaku akan kita kenakan pasal 365 KUHP ancaman hukuman 9 hingga 12 tahun penjara. Pasal 363 KUHP ancaman hukuman 7 tahun penjara, dan pasal 480 KUHP ancaman hukuman 4 tahun penjara," tutupnya.



(tyk)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook