alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Pansus Tatib DPRD Sulsel Kaji Pengadaan Rumah Aspirasi di Tiap Dapil

Muhaimin
Pansus Tatib DPRD Sulsel Kaji Pengadaan Rumah Aspirasi di Tiap Dapil
Suasana sidang rapat paripurna DPRD Sulsel, Makassar, Kamis (3/10/2019) yang lalu. Foto: SINDOnews/Maman Sukirman

MAKASSAR - Panitia khusus (Pansus) tata tertib (Tatib) DPRD Sulawesi Selatan (Sulsel) berencana mengadakan rumah aspirasi di setiap daerah pemilihan (Dapil) di Sulsel. Namun ide ini masih sebatas kajian.

Hal tersebut diungkapkan oleh Wakil Ketua Pansus Tatib DPRD Sulsel, Ince Langke. Dia menuturkan aturan tersebut baru akan dibahas saat rapat lanjutan Tatib mendatang.

"Itu masih dalam kajian teman-teman. Apakah rumah aspirasi itu dibentuk oleh para dewan di Dapil yang sama untuk satu Dapil, ataukah satu dewan untuk satu rumah aspirasi. Ini yang belum disepakati," ungkap Ince Langke saat ditemui di fraksi Golkar, Kamis (24/10/2019).



Menurutnya, legislator provinsi termasuk di DPRD Sulsel ada baiknya memiliki rumah aspirasi di Dapilnya. Bukan hanya DPR RI atau DPD yang biasanya mendirikan rumah aspirasi.

"Pengalaman-pengalaman yang ada kan, kita lihat cuma DPR RI atau DPD yang punya rumah aspirasi. Nah ini kita mau dorong agar teman-teman juga di sini punya wadah aduan bagi masyarakat di Dapilnya masing-masing," ujarnya.

Ide ini kata Ince Langke, juga dibawa saat anggota Pansus Tatib DPRD Sulsel menyambangi DPRD Jawa Timur belum lama ini. Ada 20 orang legislator yang melakukan konsultasi ke Surabaya saat itu.

"Ini juga jadi pembahasan kami di sana. Dan ternyata, mereka juga baru akan menerapkan rumah aspirasi ini di setiap Dapilnya. Bahkan rancangan Tatib mereka sudah dikirim ke Kemendagri (kementrian dalam negeri) untuk disetujui," ungkapnya.



(man)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook