alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Yuk, Nikmati Kuliner Kerak Telor di Jakarta Travel Fair TSM

Suwarny Dammar
Yuk, Nikmati Kuliner Kerak Telor di Jakarta Travel Fair TSM
Kuliner Kerak Telor Betawi di Jakarta Travel Fair 2019 di TSM Makassar. Foto: SINDOnews/Suwarny Dammar.

MAKASSAR - Ada yang menarik pada penyelenggaraan Jakarta Travel Fair (JTF) 2019 di Trans Studio Mall (TSM), Kota Makassar, Jumat-Minggu (25-27/10/2019). Pengunjung tak hanya disuguhi ragam paket wisata murah dari 32 industri pariwisata. Pengunjung juga dapat mencicipi sajian kuliner khas Jakarta dari suku Betawi yang sangat masyhur yakni Kerak Telor Jakarta.

Kerak Telor Jakarta dapat dicicipi di salah satu tenant pameran yang menyajikan kuliner cepat saji menggugah selera. Sajian kuliner ini menawarkan cita rasa gurih dan legit ketika dicicipi. Kerok Telor Jakarta ini sudah ada sejak masa kolonial Belanda. Bahkan, makanana ini menjadi primadona di kota yang dahulu bernama Batavia.

Untuk menikmati sajian kuliner ini tidak membutuhkan waktu lama. Maksimal 15 menit, Kerok Telor Jakarta yang masih hangat sudah siap untuk disantap.



Menurut pedagang Kerak Telor Jakarta, Hendra, kuliner khas Betawi ini terbuat dari bahan-bahan alami. Di antaranya yakni beras ketan putih, telur ayam/bebek dan ebi (udang kering yang diasinkan) yang disangrai kering ditambah bawang goreng. Olahan ini lalu diberi bumbu yang dihaluskan berupa kelapa sangrai, cabai merah, kencur, jahe, merica butiran, garam dan gula pasir.

"Saya sudah 10 tahun jualan Kerak Telor. Alhamdulillah masih banyak yang suka," ujar Hendra.

Untuk mencicipi Kerak Telor Jakarta, pun tidak akan 'membobol' dompet Anda. Terdapat dua varian dengan harga yang berbeda, tapi masih terjangkau. Pertama, Kerak Telor Jakarta pakai telur ayam dibanderol Rp20.000 dan Kerok Telor Jakarta pakai telur bebek dijual Rp25.000.

Ada yang unik dari cara memasak Kerak Telor Jakarta. Telur dimasukkan ke dalam wajan tanpa menggunakan minyak, ketika telor setengah matang, maka wajan akan dibalik menghadap panas arang dari anglo alias tungku, lalu dibiarkan sehingga menjadi kerak.

Setelah permukaannya agak sedikit gosong, Kerak Telor diangkat dan diberi bumbu lalu siap dihidangkan. Kerak Telor Jakarta sama sekali tidak menggunakan kompor, melainkan anglo dan arang. Cara memasak dengan anglo ini digunakan untuk menjaga rasa khas dari Kerak Telor Jakarta yang gurih dan legit.

Salah seorang pembeli asal Makassar, Elis, mengaku penasaran dengan Kerok Telor Jakarta, makanya ketika melihatnya langsung memesan. "Saya penasaran, selama ini hanya lihat di TV. Akhirnya bisa kesampaian mencicipinya dan memang enak dan gurih," ujarnya.



(tyk)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook