alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Kader PKK Parepare Dilatih Olah Limbah Laut Jadi Kerajinan Tangan

Darwiaty Dalle
Kader PKK Parepare Dilatih Olah Limbah Laut Jadi Kerajinan Tangan
TP PKK Kota Parepare melatih kader mengolah limbah laut menjadi kerajinan tangan. Foto: SINDOnews/Darwiaty Dalle.

PAREPARE - Tim Penggerak PKK Kota Parepare menggelar sosialisasi pemanfaatan limbah laut menjadi kerajinan tangan, semisal aksesori busana. Sosialisasi ini dikemas dalam bentuk pelatihan kepada para kader PKK tingkat kecamatan maupun kelurahan yang dibuka langsung oleh Ketua TP PKK Kota Parepare, Erna Rasyid Taufan di Balai Ainun Kota Parepare, Kamis (24/10/2019) kemarin.

Langkah PKK Kota Parepare memberikan pelatihan kepada para kader dimaksudkan guna meningkatkan taraf perekonomian masyarakat. Kota kelahiran Presiden ke-3 RI ini diketahui mempunyai garis pantai yang cukup panjang. Karenanya itu, sangat disayangkan bila tidak mengoptimalkannya. Toh, limbah laut, seperti kerang bisa diolah menjadi benda bernilai ekonomis.

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Parepare, Erna Rasyid Taufan, mengungkapkan banyak jenis sumber daya laut yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk memenuhi berbagai jenis kebutuhan dan meningkatkan taraf perekonomian. Selain pangan, juga berbagai produk limbah laut yang bernilai ekonomis yaitu kerang-kerangan.



“Di sini kita coba memanfaatkan kerang-kerangan, dengan memberikan pelatihan kepada kader-kader PKK," kata Erna.

Pemanfaatan kerang-kerangan, tambah Erna, untuk aksesoris baju maupun jilbab ini akan dipasarkan keluar daerah dan ke depan akan diperlombakan untuk fashion busana.

Erna mengungkapkan peluang memanfaatkan limbah laut, bermula saat dirinya bertemu salah satu mantan selebriti yang menyukai bros jilbab yang dikenakannya yang berbahan dasar kerang. "Kita mengajak kader-kader agar bisa membuat aksesoris-aksesoris berbahan kerang. Ini bisa meningkatkan perekonomian kita,” tandasnya.

Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XL Dim 1405/Mlts, Masna Sari Dewi Siregar, yang ikut menjadi peserta dalam kegiatan tersebut mengatakan pemilihan kerang laut sebagai bahan pelatihan ini karena masih minimnya pemanfaatan limbah laut ini. Padahal, kerang laut merupakan ciri khas Parepare.

"Sehingga kami menilai pelatihan ini sangat tepat. Dengan begitu melahirkan ide untuk mengembangkan kerajinan kerang laut,” katanya.

Selain melakukan sosialisasi pemanfaatan limbah laut, PKK Kota Parepare pada saat bersamaan juga menyosialisasikan pemanfaatan pekarangan dan gerakan masyarakat makan ikan.



(tyk)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook