alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Mahasiswa Kritik Program Beasiswa Pemkab Bulukumba

Eky Hendrawan
Mahasiswa Kritik Program Beasiswa Pemkab Bulukumba
Syarat calon penerima beasiswa Pemkab Bulukumba dianggap hanya menguntungkan pihak tertentu. Foto: Ilustrasi/Istimewa

BULUKUMBA - Pemerintah Kabupaten Bulukumba lewat Perbup nomor 41 tahun 2019, bakal menyalurkan beasiswa berprestasi untuk mahasiswa perguruan tinggi swasta maupun negeri di seluruh Indonesia jenjang strata-1. Meski begitu, program tersebut rupanya menuai kritik dari mahasiswa.

Kritik tersebut salah satunya datang dari Rafika Rosa Indar, mahasiswa asal Bulukumba yang tengah berkuliah di Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar. Rafika menilai, syarat bagi calon penerima beasiswa program tersebut hanya menguntungkan pihak tertentu.

"Syarat yang ditetapkan pemerintah kami anggap tidak efektif dan hanya jadi bahan pencitraan semata. Bisa jadi syarat ini juga hanya berpihak kepada mahasiswa yang punya kerabat di pemerintahan," katanya, Jumat (25/10/2019).



Salah satu syarat yang dikritik Rafika adalah, indeks prestasi kumulatif (IPK) 3,80 bagi calon penerima beasiswa. Menurutnya, IPK tersebut terlalu tinggi.

"IPK dengan bobot sebesar itu hanya mampu didapatkan oleh beberapa orang, sehingga untuk mendapatkan beasiswa tersebut hanyalah segelintir orang yang berada dekat di tatanan pemerintahan saja," ungkapnya.

Atas kondisi tersebut, Rafika kemudian meminta pemerintah untuk merevisi syarat bagi calon penerima beasiswa tersebut.

Diketahui, mahasiswa yang memenuhi persyaratan akan mendapatkan beasiswa prestasi sebesar Rp3 juta perorang tiap tahunnya.

Sebelumnya, Bupati Bulukumba AM Sukri Sappewali menegaskan, bahwa saat ini skema bantuan pendidikan ke mahasiswa terbagi dua. Yakni pemberian bantuan sosial untuk penyelesaian studi yang dapat diakses di Badan Pengelolaan Keuangan Daerah, dan pemberian beasiswa bagi mahasiswa berprestasi yang dapat diakses di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

"Ini agar kualitas sumber daya manusia Bulukumba yang unggul dan berdaya saing tinggi. Beasiswa ini dimaksudkan untuk memotivasi mahasiswa agar terus berprestasi sehingga dapat mendukung kesinambungan pembangunan SDM di Kabupaten Bulukumba,” ungkapnya.

AM Sukri mengungkapkan bahwa saat ini kemampuan keuangan daerah masih terbatas. Sehingga jika ada nilai IPK yang sama, maka kondisi ekonomi keluarganya akan diperiksa.

“Tim seleksi akan memilih mahasiswa yang memiliki tingkat ekonomi keluarga yang lebih rendah,” imbuhnya.



(man)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook