alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Datangi Kostrad Kariango, Polisi Maros Menembak Penyegaran

Najmi Limonu
Datangi Kostrad Kariango, Polisi Maros Menembak Penyegaran
Personel Polres Maros latihan menembak penyegaran di lapangan tembak Suparlan Brigif Para Raider 3 Kostrad Kariango Maros. Foto : SINDOnews/Najmi Limonu

MAROS - Personel Polres Maros latihan menembak penyegaran di lapangan tembak Suparlan Brigif Para Raider 3 Kostrad Kariango Maros

Latihan tersebut dilakukan untuk meningkatkan dan mengasah kemampuan personel dalam menggunakan senjata api (Senpi) baik laras panjang maupun laras pendek.

Kapolres Maros, AKBP Yohanes Richard mengatakan, latihan menembak tersebut merupakan kegiatan yang sudah terjadwal atas koordinasi dari pihak Brigif Para Raider 3.



"Latihan ini bertujuan meningkatkan kemampuan personel, khususnya dalam menggunakan senpi, baik laras panjang maupun laras pendek," kata Yohanes.

Latihan tersebut kata dia, sekaligus untuk meminimalisasi pelanggaran, serta kesalahan prosedur penggunaan senpi personel yang bertugas.

Personel dilatih supaya tidak terjadi salah tembak atau kesalahan prosedur. Kesalahan tersebut terjadi karena minimnya kemampuan personel dalam menggunakan senpi.

"Kejadian yang salah tembak, salah prosedur, hingga senjata hilang masih dapat terjadi di daerah lain, karena minimnya kemampuan personel," katanya.

Menurut Kapolres, Polres Maros memang menjadikan tembak sasaran sebagai agenda rutin setiap tahunnya. Hal itu untuk meningkatkan kemampuan personel dalam menggunakan senpi.

Untuk latihan kali ini, para peserta melaksanakan latihan menembak sasaran dengan menggunakan senjata laras panjang jenis SS1- V2. Sedangkan untuk latihan menembak dengan senjata api laras pendek, menggunakan senpi jenis refolver serta jenis turus.

"Untuk personel yang tidak memegang senpi disediakan senjata. Personel yang memegang senjata selama bertugas diharuskan menggunakan senpi masing- masing," jelasnya.

Untuk latihan tembak senpi laras panjang, personel diharuskan berjarak 100 meter dari sasaran. Sedangkan laras pendek personel menembak sejauh 25 meter. Kegiatan menembak diikuti 218 personel Polres Maros dipimpin langsung Kapolres Maros AKBP Yoahnes Richard dan wakapolres Maros Kompol Dewiana.

Sementara itu, Danbrigif Para Raider Kolonel Inf Susilo dan Kasbrig Para Raider 3 Kostrad, Letkol Inf Budi S mengatakan, kedatangan Polres Maros ke markasnya merupakan suatu kehormatan Brigade.

"Kunjungan Polres di wilayah kami, untuk menggunakan lapangan tembak Suparlan untuk berlatih. Itu suatu bentuk kehormatan kepada kami semoga sinergitas TNI-Polri dapat terus terjalin untuk NKRI yang kuat," pungkasnya.



(sss)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook