alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Mentan Target Ketersediaan Beras di Atas 80 Juta Ton Per Tahun

Herni Amir
Mentan Target Ketersediaan Beras di Atas 80 Juta Ton Per Tahun
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dan Bupati Gowa Adnan Purichta jalan santai di car free day Syekh Yusuf menyapa masyarakat sebelum bersilaturahmi di Balla Kayua, Minggu (27/10/2019). Foto: Sindonews/Herni Amir

SUNGGUMINASA - Menteri Pertanian (Mentan) RI Syahrul Yasin Limpo, menargetkan ketersediaan beras di Indonesia mencapai 80 juta ton per tahun.

Jumlah kebutuhan beras tanah air sebut Syahrul, mencapai 48 juta ton setiap tahun. Sedang kebutuhan beras perbulan mencapai 8 juta ton.

"Kalau ini kurang, maka kita harus impor beras. Jika ingin aman ini, maka harus dipersiapkan 5 kali lipat," ungkap Syahrul ketika menyapa masyarakat Kabupaten Gowa di Balla Kayua Jalan Tumanurung Sungguminasa Kecamatan Somba Opu, Minggu (27/10/2019).



Oleh karena itu, Syahrul bertekad memastikan ketersediaan beras di atas 80 juta ton setiap tahun, atau minimal dua kali lipat kebutuhan beras.

Itu merupakan tanggung jawab yang kini disematkan kepadanya selaku orang yang ditunjuk menjadi Menteri Pertanian.

Untuk itu, Syahrul menegaskan penyuluh-penyuluh pertanian di setiap kecamatan harus aktif mengambil peran memastikan stok beras tersebut.

"Ini bukan pekerjaan ringan. Tapi yakinlah, saya orang Gowa, lebih tinggi harga diri saya dibanding uang dan jabatan," tandasnya.

Karena itu, dia juga mengharapkan Kabupaten Gowa dapat menjadi contoh dalam produksi pertanian.

Ia menegaskan, perut penduduk Indonesia harus dipastikan tidak ada yang kelaparan. Termasuk Kabupaten Gowa.

Dalam kesempatan itu, Syahrul disambut sejumlah kerabat, sahabat, keluarga, masyarakat Kabupaten Gowa, dan sejumlah pejabat era pemerintahannya.

Dalam kesempatan itu, hadir Bupati Gowa dan Wakil Bupati Gowa. Pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD), camat, lurah, serta eks pejabat pada masa pemerintahan SYL.

"Di sini banyak keluarga saya. Rekan-rekan saya ketika saya masih menjabat kepala desa, ataupun lurah. Terima kasih atas sambutan sahabat-sahabatku. Doakan saya bisa bekerja untuk memenuhi kebuturhan rakyat Indonesia," pungkasnya.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook