alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Mendaftar di Golkar, Kandidat Kepala Daerah Harus Jujur Kemampuan Keuangan

Muhaimin
Mendaftar di Golkar, Kandidat Kepala Daerah Harus Jujur Kemampuan Keuangan
Ketua Tim Penjaringan DPD I Golkar Sulsel, Kadir Halid. Foto: SINDOnews/Maman Sukirman

MAKASSAR - Partai Golkar Sulawesi Selatan (Sulsel) akan memulai tes wawancara bakal calon kepala daerah pada Senin (28/10/2019) besok. Sebanyak 96 kandidat dari 12 kabupaten/kota yang melaksanakan Pilkada 2020 di Sulsel, dijadwalkan mengikuti tahap ini.

Ketua Tim Penjaringan DPD I Golkar Sulsel, Kadir Halid membeberkan, kemampuan finansial bakal calon juga akan menjadi poin penting dalam tes wawancara. Nominal isi tas atau uang kandidat juga akan dikorek.

“Kemampuan dia, termasuk kita korek isi tasnya. Berapa kemampuan dia mengikuti Pilkada ini,” ungkap Kadir saat dihubungi, Minggu (27/10/2019).



Dia mengaku, tak mematok nomimal isi tas para kandidat. Namun hanya sebatas informasi atau pegangan partai Golkar sebagai bahan wawancara.

“Kita tidak patok (berapa mereka punya harta). Tapi kita mesti tahu. Berapa kira-kira kemampuan mereka untuk mengikuti Pilkada ini,” ujarnya.

Menurut Kadir, informasi ini sangat penting. Apalagi untuk mengikuti kontestasi Pilkada, menurutnya butuh biaya yang tidak sedikit.

“Kalau memungkinkan, bisa jadi iya (diusung). Bagaimana kemampuan isi tasnya gitu loh, itu penting juga itu,” tuturnya.

Wakil Ketua DPD I Golkar Sulsel ini mengungkapkan, ada lima aspek yang akan menjadi bahan utama wawancara, termasuk nilai isi tas tersebut yang masuk dalam aspek kemampuan. Empat lainnya ialah sumber pendapatan, kapasitas, akseptabilitas dan kegolkaran.

Khusus poin terakhir, seluruh kandidat wajib dikorek mengenai pemahamannya terhadap partai Golkar. Baik itu sebagai kader internal atau figur eksternal.

“Kalau dia kader, maka kita akan tanya sejauh mana partisipasi dan kontribusinya terhadap partai Golkar. Misalnya dia ketua, apa yang telah dia berikan ke partai ini selama menjabat. Tapi kalau dia eksternal, paling tidak dia tahu atau baca-baca mengenai Goklar,” terangnya.



(man)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook