alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

NasDem Verifikasi Berkas 17 Kandidat untuk Pilwalkot Makassar

Muhaimin
NasDem Verifikasi Berkas 17 Kandidat untuk Pilwalkot Makassar
NasDem sedang memverifikasi berkas 17 kandidat untuk menentukan jagoan pada Pilwalkot Makassar 2020. Foto/Ilustrasi/Istimewa.

MAKASSAR - Tim Desk Pilkada NasDem Makassar telah menutup penjaringan bakal calon kepala daerah. Terdapat 17 kandidat yang berebut tiket NasDem pada Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Makassar 2020. Saat ini, berkas para kandidat tengah diverifikasi sebelum NasDem memutuskan arah dukungannya.

Adapun 17 kandidat yang mendaftar lewat NasDem, antara lain yakni Irman Yasin Limpo, Sukriansyah S Latief, H Andi Bashar, Abdul Rachmat Noer, Irianto Andi Baso Ence, Fadli Ananda, Taufiqqulhidayat Ande dan Munafri Arifuddin.

Selanjutnya, ada pula nama Haris Yasin Limpo, Muhammad Ismak, Syarifuddin Daeng Punna, Ramadhan Pomanto, Mochtar Djuma, Mario David, Andi Rachmatika Dewi, Hasan Basri Ambaralla dan Syamsul Rizal MI.



Ketua Tim Desk Pilkada Nasdem Makassar, Mario David, mengungkapkan verifikasi berkas kandidat ditarget rampung pekan ini. NasDem senantiasa bersikap transparan dan menjalin komunikasi dengan para kandidat. Termasuk, bila ada berkas bakal calon yang tak lengkap akan segera disampaikan ke kandidat.

"Minggu ini selesai. Kita masih konfirmasi dong (ke kandidat), kan waktu masih panjang. Kita siapkan lagi jika memang ada berkas yang tidak lengkap," kata Mario, Senin (28/10/2019).

Dia menuturkan berkas bakal calon memang hanya persyaratan sederhana. Tapi tetap sangat penting, dan tidak boleh dianggap sepele. "Administrasi berkas ini hanya hal sepele, tapi jangan juga kasih susah orang karena tidak ada foto misalnya. Ataukah tidak ada lembar fotokopi ijazah, itu kan bikin susah orang. Tetap ini hal yang penting, nanti kita kasih waktu (kandidat) untuk perbaikan berkas," ungkapnya.

Sembari verifikasi berkas bakal calon, Nasdem Makassar kata dia, akan melakukan koordinasi dengan DPW Nasdem Sulsel. Mario menyebut pihaknya tetap harus menyampaikan setiap perkembangan ke pengurus tingkat provinsi. "Verifikasi berkas kita akan koordinasikan ke DPW kapan jadwal proper testnya. Apakah disamakan tempatnya atau sekaligus atau gimana, baru mau kita diskusikan. Nanti kita laporkan hasil verisikasi kita ke DPW," terangnya.

Legislator DPRD Kota Makassar ini menargetkan fit and proper test bisa rampung sebelum Kongres yang diagendakan awal November. Kata dia, semakin cepat lebih baik. "Kita sih berharap sebelum kongres. Jadi habis kongres itu kita lakukan survei. Untuk aturannya, kita juga masih menunggu petunjuk teknis berikutnya dari atas," jelasnya.

Dari 17 nama yang mendaftar, ada empat kader internal yang ikut bersaing. Mereka diantaranya ialah Mario David, Andi Rachmatika Dewi, Muchtar Juma dan Mohammad Ramdhan Pomanto. Meski begitu, Mario mengklaim peluang kader internal dengan figur eksternal tetap sama.

Sekretaris DPW Nasdem Sulsel, Syaharuddin Alrif, mengaku belum ada DPD Nasdem kabupaten/kota yang menyodorkan daftar kandidat. Pihaknya kata dia, masih menunggu, termasuk DPD Nasdem Makassar. "Pendaftaran sudah masuk tahapan untuk wawancara dan tes, makanya kami menunggu usulan dari DPD berapa banyak per DPD yang mendaftar. Kami menunggu (usulan) dari kabupaten dan kota yang membuka pendaftaran," ujarnya.

Syahar-sapaannya, menjelaskan dari 12 kabupaten/kota di Sulsel yang menggelar Pilkada 2020, sebanyak tujuh DPD di daerah yang membuka pendaftaran. Mulai dari Makassar, Gowa, Bulukumba, Selayar, Soppeng, Pangkep dan Luwu Utara. Selebihnya yakni Maros, Barru, Tana Toraja, Toraja Utara dan Luwu Timur tidak membuka penjaringan.



(tyk)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook