alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Rusia Sebut Eksploitasi Ladang Minyak Suriah Dilakukan AS Ilegal

Agus Nyomba
Rusia Sebut Eksploitasi Ladang Minyak Suriah Dilakukan AS Ilegal
Pasukan Amerika Serikat berjaga di sekitar ladang minyak di al-Omar, Deir ez-Zor, Suriah. Foto/REUTERS/Rodi Said

JENEWA - Rusia menyebut eksploitasi ladang minyak Suriah yang terletak di timur Suriah oleh pasukan Amerika Serikat (AS) merupakan tindakan ilegal.

Hal itu disampaikan oleh Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov usai melakukan pertemuan dengan mitra mereka dari Turki dan Iran serta Utusan Khusus PBB untuk Suriah Geir Pedersen membahas stabilitas Suriah.

Pertemuan tersebut yang digelar pada Selasa, 29 Oktober 2019 dalam format Astana berlangsung di Jenewa.



"Kami sepakat untuk melanjutkan upaya energik dalam kerja sama dengan semua pihak Suriah untuk kepentingan membangun stabilisasi jangka panjang di lapangan, dan menghilangkan sarang-sarang terorisme yang tersisa," kata Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov dilansir dari Sputnik, Rabu, (30/10/2019).

Pertemuan 3 menteri tersebut dihadiri Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu dan Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif, mereka bakal meluncurkan Komite Konstitusi Suriah.

Lavrov juga mengomentari rencana AS untuk menggunakan ladang minyak di Suriah, mengatakan mereka ilegal, dan Moskow akan mempertahankan posisi ini dalam kontak dengan Washington.

"Keputusan ini menetapkan bahwa setiap eksploitasi ilegal terhadap sumber daya alam negara berdaulat tanpa persetujuannya adalah ilegal. Kami bersikeras ini. Rekan Amerika kami sangat menyadari posisi kami, dan kami akan mempertahankannya," tegas Lavrov.

Dalam sebuah pernyataan bersama, Rusia, Turki, dan Iran menekankan perlunya meningkatkan bantuan kemanusiaan ke Suriah dan memastikan kembalinya para pengungsi, menurut pernyataan bersama oleh para diplomat utama ketiga negara pada hari Selasa.

"Para Menteri: Menekankan pentingnya proses penyelesaian yang lebih luas bergerak maju untuk meningkatkan bantuan kemanusiaan kepada semua warga Suriah di seluruh negara tanpa prasyarat dan diskriminasi," kata pernyataan tersebut.

"Untuk memfasilitasi pengembalian pengungsi dan pengungsi yang aman dan sukarela ke tempat tinggal asli mereka ke tempat tinggal asli mereka di Suriah serta untuk membangun kepercayaan dan kepercayaan antara partai-partai Suriah," lanjutnya.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook