alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Pemimpin Tarekat Tajul Al Khawatiyah Jadi Tersangka Penistaan Agama

Herni Amir
Pemimpin Tarekat Tajul Al Khawatiyah Jadi Tersangka Penistaan Agama
Wakapolres Gowa Kompol Muh Fajri (tengahred) saat membeberkan penetapan tersangka Puang Lalang. Foto : SINDOnews/Herni Amir

SUNGGUMINASA - Aparat Polres Gowa akhirnya menetapkan pimpinan tarekat Tajul Al Khawatiyah Syekh Yusuf, Puang La'lang sebagai tersangka pelaku penistaan agama.

"Kami telah menetapkan pelaku yang berinisial PL sebagai tersangka dan surat pemanggilan sebagai tersangka telah dilayangkan tertanggal 31 Oktober 2019" ucap Wakapolres Gowa, Kompol Muh Fajri, Rabu (30/10/2019).

Dia mengatakan, sebelum penetapan itu, pihaknya telah melakukan analisa alat bukti, diantaranya 24 saksi dan 2 ahli dari MUI Provinsi Sulawesi Selatan dan Kemenag Kabupaten Gowa.



Tak hanya itu, penyidik juga berhasil mengamankan alat bukti 159 item baik dari rumah PL maupun dari MUI Gowa selaku pelapor.

Terhadap pelaku lanjut, Kompol Muh Fajri, akan dikenakan Pasal 156a KUHP dan/atau Pasal 378 KUHP dan/atau Pasal 372 KUHP dan/atau Pasal 3,4,dan 5 UU No.8 Tahun 2010 dan/atau UU No.22 Tahun 1946.

Diketahui, MUI Kabupaten Gowa melaporkan Puang La'lang kepada Polres Gowa terkait dugaan aliran sesat yang dipimpinnya pada Rabu (11/9/2019) lalu.

Pelaporan dipimpim langsung oleh Ketua MUI Gowa KH. Abubakar Paka bersama Ketua FKUB Gowa Ahmad Muhajir.

KH Abunakar Paka mengatakan, laporan ini dilakukan karena diindahkannya Fatwa MUI Gowa yang telah menyatakan aliran agama yang dipimpin oleh Puang La'lang adalah sesat.

Dimana sebelumnya Puang La'lang telah menyatakan akan menghentikan aliran agama yang dianutnya dan siap dibina dan kembali ke jalan yang benar saat menggelar pertemuan di Polres Gowa.

"Puang La'lang sudah pernah menyatakan siap dibina dan kembali ke jalan yang benar, namun hanya dua hari, yang bersangkutan kemudian mengatakan menolak Fatwa MUI,"ungkapnya.

Pernyataan penolakan ini pun lanjutnya, diikuti dengan adanya somasi dari kuasa hukum Puang La'lang yang melakukan penghinaan dengan menuduh MUI membubarkan ajaran Puang La'lang serta menyebutkan fatwa MUI abal-abal.

Tim dari MUI sendiri, diketahui telah melakukan 12 kali pertemuan untuk mengkaji aliran tarekat Tajul Al Khawatiyah Syekh Yusuf pimpinan Andi Malakuti alias Puang La'lang



(sss)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook