Pemkab Bantaeng Dorong Peningkatan Produksi Ternak Ayam

Kamis, 18 Februari 2021 - 11:40 WIB
loading...
Pemkab Bantaeng Dorong Peningkatan Produksi Ternak Ayam
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantaeng terus mendorong produksi peternakan ayam kampung. Foto: Eky Hendrawan
A A A
BANTAENG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantaeng terus mendorong produksi peternakan ayam kampung. Sejumlah kelompok ternak di Bantaeng mendapatkan bantuan benih ayam kampung berkualitas yang diproduksi di UPT Balai Pembibitan Ternak.

Kepala UPT Balai Pembibitan Ternak, Harni Talib mengatakan, benih ternak ayam yang diberikan tersebut adalah benih berkualitas yang tahan terhadap penyakit. Benih tersebut telah melalui proses intervensi agar cepat bertumbuh besar dan tahan terhadap segala penyakit.

Sejauh ini, UPT Balai Pembibitan Ternak tidak hanya mampu menghasilkan hingga 500 ekor anak ayam per minggu, tapi juga mampu memasarkan produksi benih ternak tersebut baik di Bantaeng saja maupun daerah lain selain Bantaeng .

Harni Talib juga mengatakan, UPT Balai Pembibitan Ternak juga terus melakukan inovasi dengan benih-benih yang dikembangkan di balai. Khusus untuk benih ternak ayam, pihaknya telah mengembangkan kegiatan pembibitan ternak ayam kampung unggul dan pengembangan ayam ras petelur.

"Kita telah melaksanakan inovasi pembesaran ayam satu bulan. Pada umur tiga bulan, kami juga sudah melakukan vaksinasi sebanyak tiga kali sehingga benih itu tahan terhadap penyakit," jelasnya, Kamis (18/2/2021).



Dia juga menambahkan, pihaknya berencana menambah populasi pembibitan. Selain ayam, populasi sapi dan kambing juga akan dikembangkan.

"Insyaallah di bulan Maret kami akan menambah populasi berupa ternak sapi dan kambing untuk memenuhi permintaan pasar dari masyarakat," ujar Harni.

Bupati Bantaeng, Ilham Azikin mengapresiasi bantuan benih ayam kampung yang diserahkan kepada kelompok ternak. Bantuan tersebut dinilai akan sangat bermanfaat di tengah keterbatasan akibat pandemi Covid-19.

“Ini menjadi cerminan dari komitmen kehadiran pemerintah yang senantiasa berharap agar ditengah keterbatasan, masyarakat masih bisa beraktivitas secara produktif," katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6947 seconds (0.1#10.140)