alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Pemkab Bantaeng Evaluasi Ketahanan Pangan Hadapi Anomali Iklim

Eky Hendrawan
Pemkab Bantaeng Evaluasi Ketahanan Pangan Hadapi Anomali Iklim
Pemkab Bantaeng menggelar rapat evaluasi ketahanan pangan menghadapi anomali iklim. Foto: SINDOnews/Eky Hendrawan.

BANTAENG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantaeng menggelar Rapat Koordinasi Dewan Ketahanan Pangan di ruang pola Kantor Bupati Bantaeng, Kamis (31/10/2019). Pertemuan ini dilaksanakan guna membahas berbagai isu terkait ketahanan pangan di tengah musim pancaroba. Olehnya itu, tema yang diangkat yakni "Penguatan Ketahanan Pangan dalam Menghadapi Anomali Iklim".

Evaluasi ketahanan pangan ini sekaligus merupakan bagian dari evaluasi visi dan misi Bupati Bantaeng, khususnya pada program unggulan di bidang pertanian. Di antaranya yakni jaminan ketersediaan pupuk, jaminan ketersediaan benih dan asuransi.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Bantaeng, Rahmania, menyampaikan beberapa isu strategis yang dibahas yakni optimalisasi pemenuhan pangan lokal secara lebih selektif. Telebih, saat ini banyak bahan makanan yang beredar sehingga perlu memilah untuk mengkonsumsi pangan lokal yang aman dan bergizi.



Selain itu, juga isu kestabilan stok pangan pokok, dimana pemerintah mesti mengantisipasi terjadinya kekeringan, kebakaran maupun bencana lainnya. Apalagi, saat ini memasuki masa peralihan musim, dimana anomali iklim kerap terjadi.

"Pada kesempatan ini kita harus mengetahui data apa yang disiapkan sehingga program yang berjalan di Dinas Ketahanan Pangan bisa dilihat keterkaitannya dengan pertumbuhan ekonomi ke depan. Ini menjadi wadah untuk sharing agar dapat betul-betul sesuai antara data yang tersedia dengan kondisi di lapangan," ujarnya.

Wakil Bupati Bantaeng, Sahabuddin, menambahkan evaluasi ketahanan pangan memang sangat penting. Sudah sepatutnya dilakukan evaluasi permasalahan dalam setahun terakhir, termasuk merumuskan langkah apa yang akan diambil untuk menjamin ketersediaan pangan di daerah ini.

"Jadi mari berkontribusi, melakukan inovasi di bidang ketahanan pangan agar Bantaeng ke depan menjadi daerah yang mampu mensuplai pangan lebih banyak bagi untuk daerah lainnya. Pada akhirnya juga akan berdampak pada penurunan tingkat pengangguran di daerah kita," tandasnya.



(tyk)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook