alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Terapkan e-Rekap di Pilkada 2020, KPU Sulsel Tunggu Regulasi Pusat

Muhaimin
Terapkan e-Rekap di Pilkada 2020, KPU Sulsel Tunggu Regulasi Pusat
KPU Sulsel siap menerapkan e-Rekap di Pilkada 2020 bila PKPUnya sudah disahkan. Foto/Ilustrasi/SINDOnews.

MAKASSAR - KPU RI memastikan menerapkan sistem rekapitulasi suara elektronik alias e-rekap pada Pilkada Serentak 2020 mendatang. Termasuk di Sulsel, e-Rekap akan mulai diterapkan pada pesta demokrasi tahun depan. Namun, KPU Sulsel masih menunggu regulasi pusat yakni peraturan KPU atau PKPU.

Komisioner KPU Sulsel, Uslimin, menegaskan sebagai lembaga yang hirarkis, pihaknya akan mengikuti seluruh instruksi dari KPU RI. Termasuk dalam penerapan e-Rekap, dimana pihaknya tidak mungkin bergerak tanpa ada pengesahan PKPU.

"Ketika KPU RI sudah melakukan itu, maka kami di tingkat bawah wajib mengamankan. Dalam hal ini, kami di provinsi menunggu PKPUnya. Begitu PKPUnya sudah ada, kami sosialisasikan ke 12 kabupaten/kota yang akan berpilkada," kata Usle-sapaan akrabnya, Kamis (31/10/2019).



Setelah disosialisasikan kata dia, seluruh 12 KPU kabupaten/kota juga harus siap menjalankan. Usle menilai penerapan e-Rekap di Sulsel juga tidak sulit.

"Kita ini sudah terbiasa dengan adanya kebijakan-kebijakan KPU RI yang kemudian disikapi provinsi dan sampai di kabupaten/kota. Kemudian pada akhirnya kebijakan ini berimplikasi pada tingkat TPS," terangnya.

Lebih jauh Usle menjelaskan untuk memantapkan penerapan e-Rekap ini, maka KPU harus masif melakukan sosialisasi. Lalu dibarengi dengan bimbingan teknis terhadap penyelenggara pemilu yang ada di tingkat kecamatan ke bawah.

Soal penerapannya di seluruh daerah di Sulsel, Usle mengiyakan hal tersebut. Meski begitu, tindak lanjutnya masih akan dikorek lebih jauh saat rapat koordinasi yang akan digelar dalam waktu dekat ini.

"Hal-hal itu akan dibahas di rakor KPU provinsi di tingkat nasional. Ini dalam waktu dekat ada rapimnas di Jogja dan menghadirkan seluruh KPU provinsi. Salah satu agendanya juga e-Rekap," tutupnya.



(tyk)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook