alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

KPU RI Tinjau Kesiapan Daerah untuk Penerapan e-Rekap

Muhaimin
KPU RI Tinjau Kesiapan Daerah untuk Penerapan e-Rekap
Komisioner KPU RI Viryan Azis menyebut pihaknya akan menerapkan e-Rekap pada Pilkada Serentak 2020. Foto: SINDOnews/Muhaimin.

MAKASSAR - Komisioner KPU RI, Viryan Azis, memastikan pihaknya akan menerapkan sistem rekapitulasi suara elektronik alias e-Rekap pada Pilkada Serentak 2020. Melalui sistem ini, rekapitulasi suara diklaim lebih aman dan mengurangi beban penyelenggara pemilu dibandingkan memakai sistem manual.

Saat ini, KPU RI masih akan terus mengamati dan meninjau kesiapan daerah untuk menerapkan sistem baru tersebut. Namun dia meyakini tak ada kecamatan yang tak siap. Toh hampir semua daerah di Indonesia telah tersentuh jaringan internet.

"Sepengatahuan saya, hampir semua kecamatan ada akses internet. Tapi kalau tidak ada, kan ada hp yang bisa akses internet. Maka difoto di situ dulu. Kalau bergeser ke tempat yang ada internetny, maka bisa langsung dikirim," tuturnya saat menghadiri seminar nasional di Gedung Ipteks Unhas Makassar, Kamis (31/10).



Ia melanjutkan penerapan e-Rekap memang menjadi salah satu evaluasi KPU RI. Menurutnya, sistem rekap elektronik diharapkan bisa dilakukan pada Pemilu 2024. Namun eksekusinya harus bisa diterapkan pada Pilkada 2020.

"Jadi data dari TPS (Tempat Pemunutan Suara) nanti hasilnya langsung dikirim ke pusat dan secara bersamaan terkirim sejumlah pihak. Sehingga kalau ada masalah, banyak pihak yang memiliki dokumen itu secara elektronik," ungkapnya.

Viryan mengungkapkan, rekap manual tak lagi dilakukan. Kecuali jika dalam keadaan darurat. Maka KPU bisa menerapkan opsi tersebut.

"Misalya saja, ada satu TPS hasilnya hilang atau ada masalah proses data.
Maka dilakukan kegiatan hitung manual. Namun sifatnya terbatas. Kita mengupayakan desain rekapitulasi elektronik untuk tidak sampai hitung manual," pungkasnya.



(tyk)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook