alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Disdag Makassar Sasar 30 Gudang Ekspedisi di Tallo

Vivi Riski Indriani
Disdag Makassar Sasar 30 Gudang Ekspedisi di Tallo
Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Makassar kembali memperingatkan 30 gudang ekspedisi di Kecamatan Tallo. Foto: Sindonews/dok

MAKASSAR - Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Makassar, memastikan penutupan gudang ekspedisi tetap beranjut. Sebanyak 30 gudang ekspedisi di Kecamatan Tallo kembali disasar, meski lima gudang sebelumnya gagal dieksekusi.

Kepala Bidang Pengawasan dan Penindakan Disdag Kota Makassar, Syahruddin menyebutkan gagalnya penutupan gudang dalam kota tidak menghentikan proses administratif untuk gudang lainnya.

Pihaknya bahkan telah melayangkan surat teguran kedua untuk 30 gudang ekspedisi yang ada di Kecamatan Tallo. Kata dia, jika tidak ada itikad baik hingga teguran ketiga, maka pihaknya akan mengeluarkan SK penindakan untuk diteruskan ke Satpol PP sebagai tim penegak perda.



“30 gudang ekspedisi ini sudah dua kali kita surati, kalau sampai tiga kali dan belum ada itikad baik kita buatkan SK untuk penutupan," tegas Syahruddin.

Menurut dia, surat teguran ini setidaknya memberikan rasa was-was kepada para pengusaha ekspedisi. Terbukti sudah ada beberapa pengusaha yang datang dan meminta waktu untuk memindahkan sendiri gudangnya ke tempat yang telah ditentukan.

Meski begitu, pihaknya menegaskan tidak akan mentolerir setiap aktivitas gudang dalama kota, khususnya gudang ekspedisi yang cukup banyak meresahkan masyarakat.

“Ada beberapa yang datang dan minta diberikan waktu dua minggu, cuma kalau sampai waktu yang ditentukan dan tidak juga pindah, apalagi SK-nya sudah terbit maka tidak ada toleransi lagi," ungkapnya.

Sedangkan untuk jadwal eksekuai lima gudang yang SK-nya sudah terbit lebih dulu, pihaknya mengaku akan kembali mejadwalkan rapat teknis dengan stakeholder terkait.

Seperti Dinas Perhubungan, Satpol PP, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PM-PTSP), termasuk TNI-Polri.

Sementara, Kepala Dinas PM-PTSP Kota Makassar, Andi Bukti Djufri memastikan tidak ada lagi izin baru ataupun perpanjangan untuk ekspedisi diluar wilayah Kecamatan Biringkanayya dan Tamalanrea.

“Jadi, kalau ada izin yang masuk di luar dua kecamatan itu pasti sistem kami sudah menolak," ungkap Bukti.

Namun, pihaknya meminta bantuan kepada seluruh elemen masyarakat untuk ikut serta mengawasi gudang ekspedisi yang ada di dalam kota.



(agn)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook