Disdik Luwu Timur Minta Sekolah Siapkan Diri Ikuti Asesmen Nasional

Kamis, 18 Februari 2021 - 18:47 WIB
loading...
Disdik Luwu Timur Minta Sekolah Siapkan Diri Ikuti Asesmen Nasional
Kepala Dinas Pendidikan Luwu Timur La Besse. Foto: Istimewa
A A A
LUWU TIMUR - Dinas Pendidikan (Disdik) Luwu Timur meminta kepada pihak sekolah mempersiapkan diri, untuk mengukuti asesmen nasional, sebagai pengganti Ujian Nasional (UN) yang ditiadakan di masa pandemi ini.

Hal ini berdasarkan aturan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan mulai diberlakukan pada tahun ajaran 2021.

“Tahun 2021, ujian nasional diganti dengan asesmennasional, dengan ditiadakannya UN, maka tahun ini diberlakukan assesmen dimana yang diberikan ujian itu bukan hanya peserta didiknya tetapi guru dan kepala sekolah," kata Kepala Dinas Pendidikan Luwu Timur La Besse.



Pergantian tersebut kata dia, dilakukan dengan tujuan bukan untuk mengukur kemampuan hasil belajar murid tapi untuk mengukur seperti apa lembaga itu dalam hal ini sekolah.

"Setelah ada hasilnya, itulah dijadikan dasar rujukan oleh pemerintah untuk melakukan kebijakan-kebijakan di sekolah itu. Sehingga pemerintah berharap semua peserta asesmen ini terbuka," kata dia.

Adapun asesmen ini ada tiga komponen dimana yang pertama terkait Literasi (kemampuan membaca dan wawasan) dan Numerasi (kemampuan memahami sesuatu lewat angka-angka). Pesertanya itupun peserta asesmen nasional ini adalah kelas 5 SD, kelas 2 SMP dan kelas 2 SMA/SMK,

"Itupun pesertanya kalau di SD hanya 30 orang, di SMP dan SMA 45 orang. 30 dan 45 orang ini adalah ditentukan secara acak oleh Kementerian melalui data siswa yang ada didapodik," ujar La Besse.



Yang kedua, adalah terkait dengan karakter peserta didik apa yang terkait dengan kemampuan kepribadian anak-anak apa yang telah diajarkan, dilakukan oleh masing-masing sekolah. Seperti apa dampaknya terhadap anak-anak.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2122 seconds (0.1#10.140)