alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Bawaslu dan Komisi Informasi Sulsel Jajak Kerja Sama Penguatan Kelembagaan

Luqman Zainuddin
Bawaslu dan Komisi Informasi Sulsel Jajak Kerja Sama Penguatan Kelembagaan
Komisioner Bawaslu Sulsel dan Komisi Informasi melakukan penjajakan kerja sama penguatan kelembagaan. Foto: Istimewa

MAKASSAR - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Komisi Informasi Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) melakukan pertemuan di sekretariat Bawaslu Sulsel jalan AP Pettarani, Jumat (1/11/2019). Pertemuan tersebut dalam rangka penjajakan kerja sama antara kedua lembaga.

Salah satu poin yang akan dilakukan kerja sama oleh keduanya dalam waktu dekat adalah, penguatan kelembagaan dan pengelolaan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di Bawaslu kabupaten dan kota se-Sulsel.

"Insyaallah kita akan segera tanda tangani naskah memorandum of understanding (MoU)," ujar anggota Bawaslu Sulsel, Saiful Jihad dalam keterangan tertulis yang diterima SINDOnews.



Kerja sama ini, menurut Saiful juga tidak lepas dari program Komisi Informasi Sulsel yang akan melakukan pemeringkatan keterbukaan informasi publik di tingkat OPD Sulsel. Bawaslu Sulsel kata Saiful juga siap dinilai.

Saiful melanjutkan, sarana dan prasarana, struktur pengurus, alur dan mekanisme pengelolaan informasi publik di Bawaslu telah dilakukan sesuai UU Keterbukaan Informasi Publik.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Sulsel, Laode Arumahi menyebut bahwa jelang Pilkada serentak tahun 2020, Bawaslu dan Komisi Informasi akan lebih intens melakukan koordinasi dan pembinaan.

"Mana yang memungkinkan bisa diinfokan ke publik secara serta-merta, mana yang sifatnya berkala, dan mana yang dikecualikan serta mana yang membutuhkan uji-konsekwensi dari Bawaslu. Yang jelas, Bawaslu sebagai lembaga publik tentu akan mematuhi aturan dan ketentuan dalam UU yang mengatur tentang keterbukaan informasi publik," terang Laode Arumahi.

Dalam pertemuan tersebut, perwakilan Komisi Informasi yakni Andi Tadampali dan Khaerul Mannan, diterima pimpinan Bawaslu Sulsel Laode Arumahi, Saiful Jihad, Asradi, Amrayadi, serta Kepala Sekretariat, Sudirman Rahim.



(man)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook