alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Perhatian DPRD Luwu untuk Pengembangan Sektor Kelautan Diapresiasi

Chaeruddin
Perhatian DPRD Luwu untuk Pengembangan Sektor Kelautan Diapresiasi
Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Luwu berharap legislatif bantu pengembangan sektor kelautan. Foto: SINDOnews/Ilustrasi

LUWU - Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Luwu, Andi Fatahillah, mengapresiasi reses yang dilakukan 35 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Luwu saat ini.

Menurut Andi Fatahillah, reses yang berlangsung selama lima hari baru-baru ini, banyak melibatkan masyarakat yang beraktifitas pada bidang kelautan, perikanan, budi daya serta perikanan tangkap.

"Ini sudah sesuai harapan kami di Dinas Perikanan. Kami berharap, 35 anggota DPRD Luwu bisa benar-benar membantu nelayan kita di Kabupaten Luwu," ujarnya.



Andi Fatahillah melaporkan, pada tahun 2020 nanti, mereka akan mengusulkan sejumlah program seperti bantuan untuk para nelayan baik yang begerak di kelautan, perikanan tangkap dan perikanan budi daya.

"Ada bantuan bibit katonik, bantuan alat tangkap seperti perahu dan kapal dengan kapasitas di bawah 5 GT. Semua program ini sejalan dengan visi dan mis Bupati dan Wakil Bupati Luwu, Basmin Mattayang dan Syukur Bijak," ujarnya.

Berdasarkan UU nomor 23 tahun 2014, menurut dia, sejumlah kewenangan kabupaten/kota ditarik ke provinsi, termasuk pengelolaan laut.

Tapi ia memastikan, pemanfaatan laut masih bisa dilakukan oleh kabupaten seperti pemberdayaannya. Contoh, bantuan alat tangkap dan budi daya.

Perikanan di Luwu sangat potensi dengan panjang pantau 139 km, terbentang sangat subur khususnya bidang budidaya.

"Banyak program yang bisa dikelolah di perikanan hanya saja keterbatasan anggaran. Namun jika ada usulan langsung tentu bisa kami akomodir dan bisa pula melalui aspirasi teman teman di DPRD," ujarnya.



(man)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook