alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Cari Bibit Pesepakbola, Pemkab Gowa Gelar Dispora Youth Cup III

Herni Amir
Cari Bibit Pesepakbola, Pemkab Gowa Gelar Dispora Youth Cup III
Laga Ekshibisi antara pimpinan OPD dan Camat se-Kabupaten Gowa sebagai penanda dimulainya Dispora Youth Cup. Foto: SINDOnews/Herni.

SUNGGUMINASA - Pemkab Gowa kembali mengggelar kompetisi tahunan Dispora Youth Cup untuk kali ketiga. Event ini bertujuan menjaring bibit pesepakbola sejak dini.

Kadispora Gowa, Fajaruddin, menyebut semua kecamatan ikut berpartisipasi mengirimkan klubnya. Total ada 18 klub dari semua kecamatan di Gowa yang ambil bagian.

Dispora Youth Cup III Tahun 2019 akan berlangsung hingga Sabtu (9/11) pekan depan di Lapangan Desa Pallangga dan Desa Taeng, Kecamatan Pallangga.



"Kegiatan ini untuk menyemarakkan agenda tahunan sekaligus dalam rangka Hari Jadi Gowa k- 699. Kami melibatkan 20 wasit yang terdiri 8 wasit berlisensi nasional dan 12 lisensi daerah" ujarnya, Jumat (1/11/2019).

Fajaruddin menyebutkan prestasi bola di bawah naungan Askab PSSI Gowa dan Dispora cukup mengembirakan. Dimana tahun 2017, Persigowa usia 17 tahun mewakili Sulsel menembus tingkat nasional 16 besar.

Selanjutnya, pada tahun 2018 Persigowa usia 17 tahun berhasil menembus 8 besar tingkat nasional. "Kita harapkan di tahun 2019 prestasinya semakin meningkat," tambah Fajaruddin

Wabup Gowa, Abd Rauf Malaganni, mengatakan peningkatkan kualitas olahraga di Kabupaten Gowa perlu dilakukan secara berjenjang dan berkualitas.

"Untuk itu, Pemkab Gowa senantiasa melakukan pembinaan melalui turnamen-turnamen atau pertandingan antar klub seperti yang diselenggarakan saat ini," jelas Abd Rauf Malaganni dalam sambutannya.

Ia juga mendorong klub sepak bola menggalakkan pembinaan sejak usia dini. Toh, para pemain hebat tidak lahir begitu saja, melainkan melalui proses. Karenanya itu, di klub profesional perlu adanya pemain-pemain muda yang berkompetisi di liga U-15, U-17 dan sebagainya.

Klub maupun tim sepak bola itu, lanjut dia, tentunya mesti pula berkoordinasi dengan PSSI dalam upaya rekrutmen dan pembinaan secara berjenjang. Gowa sendiri tidak diragukan merupakan salah satu lumbung pesepakbola andal.

Gowa telah menuliskan sejarah memiliki pesepakbola nasional seperti Syamsul Khaeruddin, Rasyid Bakri dan Iqbal Samad. "Kita berharap Gowa bisa terus mencetak pesepakbola yang bisa berprestasi hingga tingkat nasional," harapnya.



(tyk)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook