alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Agus Prayogo Bagi Tips untuk Pelari Pemula di Run Makassar Half Marathon

Marhawanti Sehe
Agus Prayogo Bagi Tips untuk Pelari Pemula di Run Makassar Half Marathon
Pelari nasional Agus Prayogo (tengah) berbagi tips untuk peserta Run Makassar Half Marathon. Foto: SINDOnews/Marhawanti Sehe.

MAKASSAR - Atlet lari nasional, Agus Prayogo, turut meramaikan event Run Makassar Half Marathon yang digelar Minggu (3/11/2019) besok. Peraih sejumlah medali emas di kompetisi lari internasional ini berbagi tips bagi para peserta, khususnya untuk pelari pemula.

Agus menyarankan agar para pelari untuk melakukan carbo loading alias pemuatan karbohidrat sebelum menjalani perlombaan. Hal itu penting guna menjaga endurance alias stamina selama perlombaan, khususnya pada nomor jarak jauh.

Selain itu, Agus menganjurkan para peserta untuk beristirahat yang cukup dan mengkonsumsi air mineral secara tidak berlebihan. Pasalnya, hal itu akan sangat mempengaruhi permorfa di lapangan.



"Konsumsi disarankan lebih banyak porsi karbohidrat, kalau tidur sendiri standar 6 sampai 8 jam, jangan kurang atau lebih. Terus minum secukupnya jangan terlalu over juga," sebut dia, saat ditemui usai pengambilan race pack di Nipah Mall, Sabtu (2/11/2019).

Menghadapi Run Makassar Half Marathon ini, Agus mengaku tidak melakukan persiapan secara khusus. Toh, dirinya memang telah menjadi bagian dari Pelatnas yang dipersiapkan untuk mengikuti Sea Games di Manila akhir bulan November mendatang.

Event yang akan diikuti oleh pelari mancanagera yakni Kenya, Ethopia, Jepang, dan Malaysia ini, kata Agus, akan menjadi ajang uji coba untuk melihat kemampuannya bersaing dengan pelari internasional di kategori open.

"Ada beberapa pelari internasional juga. Tapi tidak ada persiapan khusus karena saya memang dipersiapkan untuk Sea Games di Manila jadi Run Makassar ini adalah salah satu uji coba buat saya. Mereka besok kategori open dan saya sendiri kategori nasional. Dan kesempatan saya untuk menguji kemampuan saya, semoga bisa bersaing dengan internasional," katanya.

Agus berharap event Run Makassar Half Marathon ini menjadi ajang tahunan yang digelar di Kota Makassar sehingga bisa memunculkan bibit atlet yang nantinya bisa berprestasi ke tingkat nasional dan internasional.

"Mudah-mudahan ini bisa jadi event tahunan buat kota Makassar sehingga banyak muncul bibit-bibit atlet dari kota Makassar yang bisa berkontribusi baik prestasi di nasional maupun internasional," tutup dia.



(tyk)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook