Wow, Pendapatan Asli Daerah Pemkab Bulukumba Tahun 2019 Capai Rp1.4 T

Senin, 18 Mei 2020 - 10:24 WIB
loading...
Wow, Pendapatan Asli Daerah Pemkab Bulukumba Tahun 2019 Capai Rp1.4 T
Target Pendapatan Asli Daerah (PAD) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulukumba di tahun 2019 sedikit lagi terpenuhi. Foto : SINDOnews/doc
A A A
BULUKUMBA - Target Pendapatan Asli Daerah (PAD) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulukumba di tahun 2019 sedikit lagi terpenuhi. Dari jumlah yang ditargetkan sekitar Rp1,531 triliun (T), tercapai dikisaran Rp1,467 triliun atau 97,15 persen.

"Capaian ini patut mendapat apresiasi positif sebagai sebuah keberhasilan. Pada tahun 2019, Kabupaten Bulukumba meraih sejumlah penghargaan, baik yang diberikan oleh Pemerintah, maupun dari Lembaga Non Pemerintah," ungkap anggota DPRD Bulukumba dari Fraksi Nasdem, Abdul Kaab, mengapresiasi capaian pada Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Bulukumba tahun anggaran 2019.

Menurut Abd Kaab, capaian ini juga memberikan makna tersendiri bahwa sinergitas dan kerjasama yang baik pada seluruh lingkup pengelolaan keuangan daerah. Ada kesesuaian dengan standar akuntansi pemerintah terhadap peraturan perundang-undangan.

"Kepatuan terhadap peraturan perundang-undangan dan Efektivitas sistem pengendalian intern dan matangnya Satuan kerja
dalam menyusun perencanaan anggaran kegiatan serta efektifnya monitoring dan pengawasannya menjadi kesatuan mencapai target," ujarnya.

Baca : Tidak Ada Perubahan, Program Kotaku di Bulukumba Disorot

Sementara itu, Kasubag Publikasi Bagian Humas dan Protokol, Andi Ayatullah, menerangkan bahwa salah satu faktor maksimalnya pencapaian PAD tahun 2019 itu karena pemerintah kabupaten sudah menerapkan sistem pembayaran pajak konsumen secara elektronik atau M-Pos di beberapa hotel, restoran, warung dan Cafe.

"Penggunaan sistem M-Pos mampu memaksimalkan pencapaian PAD tahun 2019. Kelebihannya, pajak tersebut langsung masuk di kas daerah dan bisa dipantau atau diawasi secara real time," terangnya.

Hal serupa juga berlaku di pintu masuk kawasan Bira. Menurut Ayatullah, Pemkab Bulukumba menerapkan sistem portal atau karcis elektronik. Kesemua langkah upaya untuk meminimalisir kebocoran PAD. "Seluruh upaya dilakukan secara perlahan oleh pemerintah sehingga PAD kita bisa maksimal disetiap tahunnya," pungkasnya.

Baca Juga : Pakai Anggaran Miliaran, Penggunaan Gedung DPRD Bulukumba Tak Maksimal
(sri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1077 seconds (0.1#10.140)