alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Ini yang Terjadi Jika Anakmu Sering Dihukum untuk Kesalahan Sepele

Sri S Syam
Ini yang Terjadi Jika Anakmu Sering Dihukum untuk Kesalahan Sepele
Anak-anaknya lain dapat bersosialisasi dengan mudah, namun si buah hati lebih sering ngumpet kalau harus bertemu dengan orang lain yang belum dikenal atau anak sebayanya. Lalu apa sebabnya? Foto : Istimewa

MAKASSAR - Anak-anaknya lain dapat bersosialisasi dengan mudah, namun si buah hati lebih sering ngumpet kalau harus bertemu dengan orang lain yang belum dikenal atau anak sebayanya. Lalu apa sebabnya?

Berdasarkan penelitian oleh Barber, Reeb-Sutherland, dan Fox yang dipublikasikan di Jurnal Development Psychobiologi di tahun 2014 menemukan, salah satu penyebab sifat pemalu pada sang anak adalah karena faktor biologis.

Pemalu menjadi sifat yang terbentuk akibat reaksi dalam otak yang muncul sejak di tahapan awal dalam hidup si kecil. Namun lingkungan dan pola hak asuh juga sangat berpengaruh terhadap terbentuknya sifat pemalu.



Sebuah riset oleh Grazyna Kochanska dari University of Lowa, menyebutkan anak yang pemalu biasanya sering diberi hukuman berat oleh orangtuanya walau untuk kesalahan sepele.

Reaksi seperti ini membuat anak terkejut dan merasa kecewa atas sanksi yang diperolehnya.



(sss)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook