alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Tidak Bocor Lagi, Pendapatan Pajak Bulukumba Meningkat 50 Persen

Eky Hendrawan
Tidak Bocor Lagi, Pendapatan Pajak Bulukumba Meningkat 50 Persen
Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Bulukumba berhasil meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) dari hasil pemasangan alat perekaman pajak elektronik atau m-POS di sejumlah tempat usaha. Foto : Ilustrasi/Istimewa

BULUKUMBA - Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Bulukumba berhasil meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) dari hasil pemasangan alat perekaman pajak elektronik atau m-POS di sejumlah tempat usaha.

Peningkatan pendapatan melalui resto/cafe mencapai 50 persen sejak alat tersebut digunakan sejak Juli lalu.

Kepala Bidang (Kabid) Pendataan Pendaftaran dan Pengembangan Potensi Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Bulukumba, Andi Ikhdar yang dikonfirmasi mengatakan bahwa pemasangan m-POS memberikan solusi dan efek pendapatan yang cukup meningkat disektor pendapatan resto dan cafe yang tersebar di kota Kabupaten Bulukumba.



"Dari pemasangan e-POS memberikan peningkatan yang cukup baik bahkan peningkatan mencapai duakali lipat. Penggunaan sistem ini cukup baik dari sistem penetapan yang sebelumnya digunakan," katanya, Senin (04/11/2019).

Ikhdar menjelaskan bahwa perubahan sistem penerimaan pajak memberikan efek positif lantaran sistem perekaman transaksi pada objek pajak dapat lebih real-time, serta diawasi langsung oleh Bapenda dan KPK setiap transaksi. Sehingga dengan sistem ini, kebocoran pajak bisa diantisipasi.

"Sistem ini juga cukup baik karena selain adanya peningkatan, dengan sistem ini. Kebocoran pajak bisa lebih diantisipasi agar target peningkatan pendapatan bisa dicapai," ungkapnya.

Saat ini Bapenda Bulukumba telah mengaktifkan 27 e-POS dibeberapa titik. Dari penerapan tersebut, pihak Bapenda rencananya juga akan memasang box yang diperuntukan untuk menerima aduan dan box pengumpulan struk undian bagi pembayar pajak.



(sss)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook