alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Turki Dilaporkan Berhasil Tangkap Saudari Pemimpin ISIS Al-Baghdadi

Agus Nyomba
Turki Dilaporkan Berhasil Tangkap Saudari Pemimpin ISIS Al-Baghdadi
Turki mengklaim berhasil menangkap saudari perempuan pemimpin ISIS Abu Bakar al-Baghdadi. Foto: Sindonews/Ilustrasi

ANKARA - Seorang pejabat senior Turki mengklaim bahwa mereka berhasil menangkap kakak perempuan Abu Bakar al-Baghdadi, yang sebelumnya terbunuh dalam operasi yang dilakukan oleh Amerika Serikat (AS) di provinsi Idlib Suriah, beberapa waktu lalu.

Pejabat itu menyebut penangkapan itu sebagai "tambang emas intelijen" untuk menggali informasi tentang organisasi ISIS tersebut

Menurut laporan itu AP yang dilansir dari Sputnik, penangkapan wanita berusia 65 tahun itu, bernama Rasmiya Awad, ditangkap dalam serangan yang dilakukan Senin, (04/11/2019). Awad tinggal di sebuah trailer di dekat kota Azaz, utara Aleppo, sebuah wilayah di bawah kendali Turki sejak 2016 Operation Euphrates Shield.



"Hal semacam ini adalah tambang emas intelijen. Apa yang dia ketahui tentang ISIS dapat secara signifikan memperluas pemahaman kita tentang kelompok dan membantu kita menangkap lebih banyak orang jahat," kata pejabat yang tidak disebutkan namanya itu, menurut AP yang dilansir Sputnik.

Pejabat Turki itu mengatakan, Awad ditahan bersama suaminya, menantu perempuan, dan lima anak. Orang dewasa dilaporkan diinterogasi. Rasmiya diduga berafiliasi dengan kelompok teror ISIS, kata pejabat itu, tanpa memberikan perincian lebih lanjut.

Abu Bakar al-Baghdadi, yang nama aslinya adalah Ibrahim Awad Ibrahim al-Badri (menurut The Daily Telegraph), adalah seorang Irak dari kota Samarra, utara Baghdad. Dia dilaporkan tewas akibat serangan operasi khusus AS bulan lalu. Kematiannya kemudian dikonfirmasi oleh kelompok teror itu.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook