alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Keluhkan Akses Jalan Utama Bandara, Warga Mengadu ke DPRD Toraja

Joni Lembang
Keluhkan Akses Jalan Utama Bandara, Warga Mengadu ke DPRD Toraja
Komisi III DPRD Tana Toraja, menerima aspirasi masyarakat terkait akses jalan utama bandara baru Toraja. Foto: Sindonews/Joni Lembang

TANA TORAJA - Puluhan warga Ge'tengan Kecamatan Mengkendek mengadu ke DPRD kabupaten Tana Toraja, Selasa(5/11). Aspirasi warga Ge'tengan itu diterima Pimpinan dan sejumlah anggota Komisi III DPRD Tana Toraja.

Mereka mengeluhkan pembangunan akses jalan menuju bandara baru Toraja melintasi wilayah Ge'tengan, karena berpotensi mengganggu kenyamanan masyarakat setempat.

"Masyarakat khawatir, jika jalan dalam kota Ge'tengan ditingkatkan menjadi akses jalan utama menuju bandara baru, maka ada beberapa dampak yang bisa menimbulkan keresahan masyarakat setempat," ujar Anthon Ruruk, salah satu perwakilan masyarakat Ge'tengan saat menyampaikan aspirasinya.



Dia mengatakan, kekhawatiran warga bukanlah tanpa alasan. Ge'tengan adalah kota kecil padat penduduk dan terdapat sejumlah fasilitas sekolah, rumah ibadah, pasar dan sejumlah fasilitas umum lainnya.

Apabila akses jalan utama menuju bandara baru melintasi kota Ge'tengan, kata dia, dari segi keamanan dapat mengancam keselamatan siswa sekolah. 95 persen siswa sekolah berjalan kaki pergi dan pulang sekolah. Dari segi kenyamanan, akan mengganggu proses belajar mengajar oleh lalulintas kendaraan karena jarak sekolah dengan jalan raya sangat dekat. Bahkan, ada sekolah yang tertutup aksesnya dari segala arah karena lintasan akses jalan menuju bandara.

"Kami sangat mendukung pembangunan bandara baru. Tapi pemerintah juga harus mempertimbangkan ulang akses jalan menuju bandara yang melintasi area sekolah. Selain melintasi kota Ge'tengan, masih ada beberapa titik alternatif yang bisa dijadikan akses utama menuju bandara," katanya.

Ketua Komisi III DPRD Tana Toraja, Nicodemus Mangera mengatakan Komisi III DPRD Tana Toraja segera menindaklanjuti aspirasi masyarakat dengan turun langsung ke lapangan meninjau lokasi pembangunan akses jalan utama menuju bandara baru melintasi wilayah Ge'tengan.

Penyampaian aspirasi di DPRD Tana Toraja itu juga dihadiri Ketua Komisi D DPRD Provinsi Sulawesi Selatan, John Rende Mangontang.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook