alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Gubernur Sulsel Teken Komitmen Keterbukaan Informasi Bersama 3 Pemkab

Tim Sindonews
Gubernur Sulsel Teken Komitmen Keterbukaan Informasi Bersama 3 Pemkab
Gubernur Sulsel bersama tiga Pemkab menandatangani komitmen keterbukaan informasi. Foto: Istimewa

MAKASSAR - Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Nurdin Abdullah bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulukumba, Bantaeng, dan Jeneponto menandatangani komitmen keterbukaan informasi. Penandatanganan tersebut dilaksanakan di gedung Kartini Kabupaten Bantaeng, Selasa (5/11/2019).

Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah menyampaikan bahwa, di lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel, telah didorong hadirnya transparansi dan keterbukaan. Salah satunya dengan membuka ruang pelayanan bagi publik yang ingin bertanya, meminta informasi, atau mengadukan berbagai persoalan ke Pemprov Sulsel.

"Di Pemprov Sulsel, kita punya website Baruga Sulsel. Masyarakat bisa mengakses secara terbuka. Di situ tersaji data valid yang up to date. Mulai dari kegiatan pembenahan jalan, kegiatan lingkup Pemprov, dan lainnya. Masyarakat juga bisa mengadu jika ada layanan yang tidak berjalan baik, infrastruktur yang terabaikan dan lainnya. Semua bisa diupload lewat aplikasi," kata Nurdin dalam keterangan tertulis yang diterima SINDOnews.



Dia berharap, ke depan, seluruh perangkat pemerintahan, hingga ke desa-desa, sesuai dengan komitmen yang telah ditandatangani, bisa menghadirkan tata kelola pemerintahan yang lebih bersih dan transparan menuju pemerintahan yang baik.

"Di sinilah kita bisa melihat para Kades sampai pada tingkat gubernur apakah punya komitmen yang sama untuk membangun keterbukaan. Mari bangun kolaborasi, dorong transparansi pemerintahan," harapnya.

Selain itu penandatanganan komitmen, Nurdin Abdullah juga sekaligus membuka kegiatan bimbingan teknis keterbukaan informasi publik melalui penguatan peran dan fungsi PPID. Kegiatan itu dihadiri 624 aparatur desa dan kecamatan yang berasal dari Bulukumba, Bantaeng, dan Jeneponto.

Kepala Dinas Kominfo SP Sulsel, Andi Hasdullah menjelaskan, penandatanganan komitmen tersebut sebagai upaya dan tekad bersama-sama mendorong transparansi pengelolaan kegiatan dan anggaran di lingkup pemerintahan, dari tingkat provinsi, kabupaten dan kota, hingga ke desa.

"Karena itu, untuk mendorong keterbukaan dan transparansi hingga ke lingkup pemerintahan desa, kami menggelar kegiatan ini dengan mengundang partisipasi dalam tata kelola pemerintahan desa," ungkap Andi Hasdullah.

Dalam kegiatan ini, lanjut Hasdullah, para perangkat desa maupun kecamatan, diberi pemahaman terkait standar layanan keterbukaan informasi publik di desa. Baik dari aspek regulasi, maupun tata kelola layanan informasi publik

"Kita berharap akuntabilitas tata kelola pemerintahan desa berjalan sesuai koridor yang benar hingga penyelenggaraan pemerintahan desa," pungkas Hasdullah.

Dalam penandatanganan tersebut dihadiri Bupati Bulukumba Andi Sukri Mappewali, Sekretaris Daerah Kabupaten Bantaeng, Abdul Wahab, dan Wakil Bupati Kabupaten Jeneponto, Paris Yasir. Serta Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Sulsel, Ashari Fakhsirie Radjamilo.



(man)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook