Di Tengah Pandemi, Realisasi PAD Kabupaten Gowa Capai 100%

Minggu, 21 Februari 2021 - 15:58 WIB
loading...
Di Tengah Pandemi, Realisasi PAD Kabupaten Gowa Capai 100%
Pemkab Gowa menerima kunjungan DPRD Bombana pada Jumat (19/2/2021). Dalam pertemuan itu, salah satu yang dibahas adalah keberhasilan Gowa dalam merealisasikan target PAD. Foto: SINDOnews/Herni Amir
A A A
GOWA - Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Gowa , Ismail Majid menyebutkan, pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Gowa tahun lalu di atas 100 persen dari target, walaupun dalam kondisi pandemi Covid-19 .

"Alhamdulillah PAD tahun 2020 kami target sebesar Rp224 miliar dan yang terealisasi sebesar Rp228 miliar atau di atas 100 persen sekian. Dan ini mendapat apresiasi dari KPK," katanya, saat menerima kunjungan anggota DPRD Kabupaten Bombana, Jumat 19 Februari lalu.



Dia menyebutkan, berbagai langkah dalam upaya meningkatkan PAD antara lain, terus melakukan kajian terhadap potensi-potensi PAD , pemutahiran data dan pengawasan. Beberapa hal inilah yang menjadi pemicu untuk melakukan intensifikasi peningkatan PAD .

Sementara, untuk realisasi pajak bumi dan bangunan (PBB) di Kabupaten Gowa, juga berjalan optimal atau mencapai 100 persen. Hal ini bisa berjalan dengan baik karena pemerintah kabupaten memberikan perhatian kepada camat, kepala desa/lurah dan kepala dusun/lingkungan dengan memberikan penghargaan bagi yang bisa mencapai target PBB .



"Kami telah memberikan reward kepada mereka berupa umroh. Dengan ada reward ini memberikan nuansa-nuansa positif bagi penerimaan pajak kita," jelasnya.

Selain itu, salah satu upaya meningkatkan PAD Kabupaten Gowa yaitu dengan membuat Peraturan Daerah (Perda) Nomor Pokok Wajib Pajak Daerah (NPWPD). Sehingga semua proyek atau cabang perusahaan yang masuk di Kabupaten Gowa wajib membayar pajak.
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1359 seconds (0.1#10.140)