alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Siap-siap, Pekan Depan Penerimaan CPNS Dibuka

Darwiaty Dalle
Siap-siap, Pekan Depan Penerimaan CPNS Dibuka
Sekretaris BKPSDM Pemkot Parepare, Adriani Idrus. Foto : SINDOnews/Darwiaty Dalle

PAREPARE - Tanggal 11 November pekan depan, pengumuman pendaftaran online rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019, serentak berlangsung di seluruh wilayah Indonesia.

Sekretaris Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSMD) Pemkot Parepare, Adriani Idrus mengatakan, pendaftaran CPNS tahun ini akan terintegrasi nasional melalui portal Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN) Badan Kepegawaian Nasional (BKN).

Secara tehnis, kata Adriani, pelaksanaan seleksi CPNS yang dibuka tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Tak adanya ketersediaan fasilitas tempat dan sarana dari BKN seperti tahun sebelumnya, kata Adriani, mengharuskan masing-masing daerah memilih salah satu dari dua sistem pelaksanaan, yakni cost sharing atau mandiri instansi.



"Untuk Computer Assisted Test (CAT) seleksi CPNS tahun ini, Parepare menggunakan sistem mandiri instansi. Tempat kita siapkan dan fasilitas seperti komputer atau laptop, akan kita pinjam dari sekolah-sekolah. Akhir pekan ini mulai dilakukan survei oleh BKN sekaligus dilakukan sumulasi," papar Adriani.

Sementara Kasubdin Perencanaan dan Pemberhentian BKPSMD Parepare Guntur Mentja mengungkapkan, dari 421 formasi yang diusulkan Parepare ke pusat, hanya 163 kuota yang diberikan untuk penerimaan CPNS tahun ini. Diantaranya, kata dia, 54 formasi untuk tenaga pendidik, 58 formasi untuk tenaga tehnis dan 51 formasi untuk tenaga kesehatan.

Guntur menyebutkan, jumlah pendaftar CPNS tahun ini diperkirakan mengalami kenaikan dibanding tahun sebelumnya. Pasalnya, kata dia, Parepare menjadi salah satu dari sedikit daerah yang membuka formasi tenaga pendidik.

"Dan kemungkinan, lulusan tenaga guru dari daerah tetangga, akan tumpah ke Parepare," ujarnya. Sekadar diketahui, pada penerimaan CPNS lalu, jumlah pendaftar mencapai lebih dari empat ribu pendaftar dari kuota yang hanya 209.



(sss)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook