alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Pilkada 2020, Panglima TNI Sebut Papua Paling Rawan Konflik

Rico Afrido Simanjuntak
Pilkada 2020, Panglima TNI Sebut Papua Paling Rawan Konflik
Rapat kerja Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dengan Komisi I DPR, di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (6/11/2019). Foto/SINDOnews/Rico Afrido Simanjuntak

JAKARTA - Sejumlah daerah di Indonesia bersiap menghadapi Pilkada Serentak 2020. Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menilai Papua menjadi daerah dengan tingkat kerawanan konflik tertinggi.

Menurut dia, banyak faktor yang bisa memicu konflik di Papua. Olehnya itu, perlu dilakukan upaya deteksi dini dan pengamanan guna memastikan pesta demokrasi tersebut berlangsung lancar dan aman.

"Adapun daerah yang diperkirakan berpotensi konflik karena isu SARA, konflik horizontal dan politik uang adalah wilayah Papua," ujar Hadi dalam rapat kerja Komisi I DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (6/11/2019).



Mantan Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) ini mengatakan tahapan pilkada serentak mulai 1 Oktober 2019 hingga 23 September 2020. Seperti pilkada sebelumnya, TNI akan dilibatkan dalam pengamanan.

"Guna mengamankan pelaksanaan pilkada serentak tersebut TNI menyiagakan personel dan alutsista untuk perbantuan kepada Polri sesuai dengan Undang-undang dan aturan yang berlaku," kata mantan kepala dinas penerangan TNI AU ini.

Dia mengatakan pada pemilu lalu, TNI mengerahkan kekuatan sebesar 2/3 dari kekuatan yang dikerahkan oleh Polri. "Demikian beberapa hal yang perlu saya sampaikan pada kesempatan kali ini," katanya.

Dalam rapat ini, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto didampingi para kepala staf. Sedangkan Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid didampingi oleh Wakilnya, Bambang Kristiono, Utut Adianto dan Teuku Riefky Harsya.



(tyk)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook