TOPIK TERPOPULER

UMI Masuk Deretan 100 Perguruan Tinggi Islam Terbaik di Dunia Versi Unirank

Tim SINDOnews
UMI Masuk Deretan 100 Perguruan Tinggi Islam Terbaik di Dunia Versi Unirank
Rektor UMI, Prof Basri Modding. Foto: Istimewa

MAKASSAR - Universitas Muslim Indonesia (UMI) kembali mengokohkan diri sebagai perguruan tinggi terbaik dengan pencapaian 100 besar dunia untuk kategori perguruan tinggi Islam. Sebelumnya, UMI telah masuk kategori 100 perguruan tinggi terbaik di Indonesia versi Kemendikbud dan Webometrics.

Ini terlihat dalam pemeringkatan yang dilakukan oleh Unirank untuk tahun 2021 yang dirillis beberapa hari lalu. UMI berhasil masuk dalam kategori 100 besar perguruan tinggi Islam terbaik dunia versi Unirank.

Baca juga: Versi Webometrics, UMI PTS Terbaik di Luar Pulau Jawa

Dalam pemeringkatan yang melibatkan 408 perguruan tinggi seluruh dunia ini, UMI menempati posisi 98.

Rektor UMI, Prof Basri Modding menyebutkan, pencapaian ini menjadi pembuktian bahwa UMI adalah PT bereputasi yang diakui secara nasional maupun internasional serta telah memenuhi standar mutu tata kelola perguruan tinggi secara nasional dan global. Hal ini sekaligus menjadi pembuktian bahwa UMI sebagai lembaga pendidikan dan dakwah telah memenuhi berbagai kriteria sebagai lembaga pendidikan Islam bereputasi internasional.



Rektor menambahkan, apa yang dicapai oleh UMI dalam pemeringkatan versi Unirank ini tidak terlepas dari komitmen dan konsistensi UMI dalam menjaga tradisi penyelenggaraan pendidikan berasaskan nilai-nilai Islami dan diseleraskan dengan prinsip good governance university.

Baca juga: UMI Siap Dukung Pemerintah Membangun Sulsel

"Tentu ini saja pencapaian ini sebagai pembuktian jika UMI telah mapan menuju world class university," ungkap Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UMI ini dalam siaran pers yang diterima SINDOnews, Minggu (21/2/2021).

Dalam keterangan resminya, Unirank menggunakan tiga indikator utama untuk mengklasifikasi pemeringkatan perguruan tinggi Islam seluruh dunia ini.

Ketiga kategori itu di antaranya perihal akreditasi perguruan tinggi, penyelenggaraan pendidikan sarjana hingga doktor, dan ke tiga adalah penyelenggaraan pendidikan yang sifatnya tradisional, tatap muka, hingga jarak jauh sekaligus.



Baca juga: Dosen Komunikasi UMI Paparkan Soal Iptek ke Petani Lokal

"Dari 3 indikator itu, UMI dinilai telah memenuhi kriteria penyelenggaraan sebagai perguruan tinggi Islam bereputasi internasional. Karena memang sampai saat ini sistem pendidikan tinggi yang baik adalah seperti itu dan UMI telah melakukan yang terbaik," papar Prof Basri Modding.

Untuk perguruan tinggi Islam baik negeri maupun swasta dalam pemeringkatan yang dirilis setiap tahun ini, UMI juga mencatatkan diri sebagai perguruan tinggi terbaik di kawasan Indonesia Timur.



(luq)

preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!