alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Samsat Makassar II Raup Rp630 Juta Selama Operasi Zebra

Syachrul Arsyad
Samsat Makassar II Raup Rp630 Juta Selama Operasi Zebra
Petugas Samsat bersama aparat kepolisian melakukan razia kendaraan saat Operasi Zebra di Makassar, beberapa waktu lalu. Foto: Istimewa

MAKASSAR - Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pendapatan Samsat Wilayah Makassar II berhasil meraup pemasukan kas negara sebanyak Rp630 juta dari pajak kendaraan bermotor (PKB) selama 14 hari melakukan penertiban.

Pendapatan itu didapatkan dari keterlibatannya dalam operasi zebra 2019 yang dikerjasamakan dengan Satlantas Polrestabes Makassar dan Polres Pelabuhan. Diketahui operasi ini digelar secara serentak sejak 29 Oktober-5 November 2019.

Kepala Seksi Pendataan dan Penagihan Samsat Makassar II, Muh Doddy Rahmat, mengatakan dalam Operasi Zebra ini, pihak kepolisian melakukan penindakan bagi kendaraan yang dinilai melanggar. Sementara dari Samsat Makassar II sendiri lebih fokus penagihan kepada wajib pajak yang belum melakukan pembayaran pajak tahunan kendaraannya.



“Operasi zebra yang digelar selama 2 pekan mulai tanggal 24 Oktober sampai 5 November 2019 ini ikut melibatkan UPT Pendapatan Makassar II dalam penagihan kendaraan yang belum melakukan pengesahan tahunan," tutur Doddy.

Disebutkan, dalam operasi zebra ini pihaknya mengumpulkan total PKB sebesar Rp630.774.980. Dengan rincian roda dua 159 unit dan roda empat 189 unit. "Adapun yang ditindaki berupa surat tilang dari yakni kepolisian roda dua sebanyak 251 unit dan roda empat 273 unit," imbuh dia.

Doddy tak menampik keikutsertaan UPT Pendapatan Samsat Wilayah Makassar II ini mendatangkan efek yang positif pada pendapatan pemasukan negara, khususnya di sektor PKB.

Selain dalam upaya kepolisian menekan angka kecelakaan bisa ditekan, tingkat kepatuhan masyarakat berkendara semakin baik, pembuatan surat-surat dan pembayaran pajak kendaraan pun meningkat signifikan.

Dia mengungkapkan target PKB di UPT Pendapatan Makassar II senilai Rp205.101.119.000. Namun, target ini semakin bertambah pasca penetapan APBD-Perubahan 2019. Setelah anggaran perubahan, dikatakan ada tambahan Rp14 miliar khusus di UPT Pendapatan Makassar II.

Dengan demikian, total target PKB menjadi Rp219.782.498.000. Sedangkan hingga saat ini, pihaknya sudah mendapatkan pemasukan PKB total Rp185.062.486.738. Dengan sisa target sampai akhir masih harus mengejar nilai sebesar Rp34.720.011.262.

"Kita optimis Insya Allah capai target dengan kerja keras tim work melalui layanan unggulan kami. Dan harapan kami warga taat dan sadar akan kewajiban pajak. Karena pajak untuk kita semua, untuk pembangunan dan kemajuan Sulawesi Selatan," papar Doddy.

Untuk mengejar target tersisa, lanjut dia, pihaknya bahkan menambah layanan jam kerja untuk pengesahan STNK tahunan periode November-Desember 2019. Dimana awalnya sampai pukul dua siang, menjadi sampai pukul lima sore.

“Terus program drive thru dan gerai samsat pada hari Sabtu dan Minggu tetap buka sampai pukul 5 sore juga. Selain itu ada juga samsat cafe yang berlokasi di Pasar Segar dan New Dafest Daya Makassar tiap malam Minggu dan Senin," tandasnya.

UPT Pendapatan Samsat Wilayah Makassar II juga akan mengintensifkan penertiban di jalanan. Mengingat pemasukan pajak melalui upaya ini diakui cukup efektif. "Nanti kita akan intensifkan penertiban dalam sebulan tiga sampai empat kali," jelas Doddy.



(tyk)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook