alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Angka Pelanggaran & Lakalantas di Pangkep Turun, Pemohon SIM Naik

Muhammad Subhan
Angka Pelanggaran & Lakalantas di Pangkep Turun, Pemohon SIM Naik
Selama Operasi Zebra Magello, angka pelanggaran dan lakalantas di Pangkep menurun. Foto: SINDOnews/M SUbhan

PANGKEP - Operasi Zebra Magello 2019 di Kabupaten Pangkep, Sulsel, sudah berakhir. Berdasarkan data, angka pelanggaran lalu lintas dan kecelakaan lalu lintas (lakalantas) mengalami penurunan selama kegiatan tersebut. Terpantau pula, angka pemohon SIM melonjak selama operasi lalu lintas tersebut.

Kasat Lantas Polres Pangkep, AKP Mamat Rahmat, mengungkapkan fenomena itu menunjukkan bahwa pelaksanaan operasi lalu lintas berdampak positif. Operasi Zebra Magello yang berlangsung 23 Oktober-5 November sedikit banyak sudah memberikan kesadaran masyarakat dalam berkendara.

Data dari Satlantas Polres Pangkep, jumlah tilang atas pelanggaran lalu lintas pada Operasi Zebra Magello turun siginifikan. Tahun ini, jumlah tilang hanya 435 kasus atau menurun dibandingkan jumlah tilang pada tahun 2018 yang mencapai 625 kasus.



"Bukan hanya jumlah tilang yang turun, jumlah masyarakat pemohon SIM juga naik. Itu salah satunya karena operasi-operasi yang gencar kita lakukan," kata Mamat, kepada SINDOnews, Kamis (7/11/2019).

"Untuk SIM, kami menerima pemohon untuk bulan ini sebanyak 1.150 pemohon," lanjutnya

Sementara itu, jumlah lakalantas selama berjalannya Operasi Zebra Magello hanya 5 kasus. Jumlah itu menurun dibandingkan dengan tahun 2018 yang mencapai 9 kasus.

Tahun sebelumnya korban luka ringan 11 orang, meninggal dunia 3 orang. Adapun untuk tahun 2019 luka ringan sama dengan tahun lalu dan korban meninggal dunia 2 orang.

Selama Operasi Zebra Magello, pelanggaran didominasi karena kelengkapan surat kendaraan, seperti tak membawa SIM dan STNK sebanyak 247 kasus. Selain itu tidak menggunakan helm (56 kasus), Di bawah umur (41 kasus), tidak memakai safety belt atau sabuk pengaman bagi pengendara mobil (44 kasus), melawan arus (4 kasus) dan lain-lain (43 kasus).



(tyk)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook