Alokasi Anggaran Penambahan Lahan TPA Antang Capai Rp12,52 Miliar

Senin, 22 Februari 2021 - 07:37 WIB
loading...
Alokasi Anggaran Penambahan Lahan TPA Antang Capai Rp12,52 Miliar
TPA butuh tambahan lahan. DLH Kota Makassar sudah mengalokasikan anggaran senilai Rp12,52 miliar untuk tambahan lahan 2 hektare. Foto: SINDOnews/Muchtamir Zaide
A A A
MAKASSAR - Kondisi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Antang cukup memprihatinkan. Lahan yang ada tak lagi mampu menahan beban atau overload. Butuh tambahan lahan.

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Makassar telah mengalokasikan anggaran Rp12,52 miliar di APBD 2021. Rencananya, dana itu diperuntukkan untuk menambah lahan di TPA seluas 2 hektare.

"Kita harap anggaran itu cukup sampai pembelian 2 hektare lebih," singkat Plt Kepala DLH Kota Makassar , Mario Said, kepada SINDOnews, Minggu (21/2/2021).

Namun, kata dia, semua bergantung harga tanah yang ditetapkan pemilik lahan. Kesepakatan warga dan Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar . Ketersediaan lahan 2 hektare diperkirakan mampu menampung sampah hingga tiga tahun ke depan.

"Nanti kita lihat bagaimana kesepakatan warga terkait harga satuannya," ucap dia.

Menurut dia, TPA Antang memang perlu tambahan lahan. Sampah yang masuk ke TPA masih cukup banyak. Mencapai 800 ton per hari. Jika dikalkulasi, jumlah sampah yang masuk di TPA Antang bisa mencapai 24.000 ton tiap bulannya.

"Kadang juga di waktu-waktu tertentu bisa mencapai 950 ton per hari," keluh Mario.



Banyaknya sampah yang masuk di TPA butuh solusi jangka panjang. Penambahan lahan baru tidak bisa terus menerus dilakukan. Termasuk mempercepat proses pembangunan TPA Regional Mamminasata.

Pj Wali Kota Makassar , Rudy Djamaluddin tidak menampik penambahan lahan baru di TPA sangat dibutuhkan. Namun masih perlu dipertimbangkan. Terlebih, pembuangan di TPA masih konvensional atau open dumping.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1111 seconds (0.1#10.140)