alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Kontribusi Tokopedia terhadap PDB Sulsel 2019 Capai Rp1,4 Triliun

Marhawanti Sehe
Kontribusi Tokopedia terhadap PDB Sulsel 2019 Capai Rp1,4 Triliun
Kontribusi Tokopedia terhadap PDB Sulsel 2019 mencapai Rp1,4 triliun. Foto: SINDOnews/Marhawanti Sehe.

MAKASSAR - Hasil riset dari Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat Universitas Indonesia (LPEM UI) menyebutkan Tokopedia sepanjang 2018-2019 memiliki kontribusi besar terhadap perekonomian Indonesia. Tak terkecuali di Sulsel, perusahaan jual beli online ini memberikan sumbangsih besar terhadap produk domestik bruto alias PDB.

External Communication Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya, menyampaikan sumbangsih Tokopedia pada PDB Sulsel 2018 berkisar Rp500 miliar lebih. Kontribusi Tokopedia diprediksi terus meningkat dan tahun ini (2019) diproyeksikan mampu menyumbang Rp1,4 triliun untuk PDB Sulsel.

"Untuk tahun 2020 belum bisa disampaikan, tapi estimasi di akhir tahun 2019 kontribusi Tokopedia di Sulsel mencapai Rp1,4 triliun. Itu berdasarkan studi LPEM UI yah," ujarnya.



Secara nasional, kontribusi Tokopedia terhadap ekonomi di Indonesia tahun 2019 mencapai Rp170 triliun berdasarkan estimasi dari LPEM FEB UI. Kontribusi terbesar masih di DKI Jakarta yakni mencapai Rp16,42 triliun.

Dari angka tersebut, tercatat lapangan kerja yang tercipta dari penjual aktif Tokopedia di tahun 2018 mencapai 857 ribu dan 309 ribu diantaranya menjadikan Tokopedia sebagai sumber penghasilan utama.

Diprediksi hingga akhir tahun 2019, jumlah tersebut meningkat menjadi 1,136 juta lapangan kerja. Khusus untuk Sulsel, lapangan pekerjaan yang tercipta karena Tokopedia mencapai 7.194 di tahun 2018.

Menurut Ekhel Chandra, selama Iebih dari satu dekade, Tokopedia terus bertransformasi meniadi Super Ecosystem yang menjadi iembatan penghubung bagi semua pihak dalam misi sejalan untuk maju dan tumbuh bersama demi mengakselerasi pemerataan ekonomi digital di Indonesia.

"Bersama Iebih dari 6,6 juta penjual kami, Tokopedia telah menjangkau 97% kecamatan di Indonesia untuk menawarkan Iebih dari 200 juta jenis produk terdaftar dengan harga transparan," katanya.

Dia melanjutkan Indonesia akan terus meniadi fokus utama Tokopedia. Perusahaan berkomitmen untuk terus relevan dengan kebutuhan masyarakat melalui berbagai inisiatif di tingkat lokal. Hal ini demi mempermudah seluruh masyarakat Indonesia, tidak terkecuali yang ada di Makassar dan Sulsel untuk menciptakan peluang maupun mencapai Iebih.

Tokopedia berharap dapat membantu para pembeli, penjual dan mitra strategis lainnya berevolusi menjadi perusahaan teknologi yang juga akan selalu relevan terhadap perkembangan zaman metalui ekosistem Tokopedia.

"Tokopedia berkomitmen untuk belum ekspansi ke luar negeri tapi masih banyak PR yang perlu kita lalukan di Indonesia. Strategi utama Tokopedia adalah lebih melokal," katanya.

Sementara itu, Regional Growth Expansion Senior Lead Tokopedia, Yanuar Rakhmad, mengatakan untuk Go Local, terdapat sejumlah inisiatif yang dilakukan oleh Tokopedia diantaranya membuka Tokopedia Centre di tiga desa di Kabupaten Pangkep dan satu di Nipah Mall Makassar.

"Di Makassar kami menghadirkan Tokopedia Centre di area perbelanjaan untuk mempermudah masyarakat dalam memulai dan menemukan apapun melalui platform Tokopedia. Tokopedia Centre juga hadir di pedesaan sebagai pusat edukasi bagi siapapun yang ingin mencipatkan peluang bersama," katanya.

Selain itu, Tokopedia juga rutin melakukan gathering seller Tokopedia, edukasi bisnis online, Tokopedia class and pop up class serta Tokopedia Youth.



(tyk)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook