alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Bupati Lutra Sebut Program Perhutanan Sosial Luar Biasa

Tim Sindonews
Bupati Lutra Sebut Program Perhutanan Sosial Luar Biasa
Bupati Lutra Indah Putri Indriani menyebut program perhutanan sosial luar biasa karena bisa menurunkan angka kemiskinan. Foto: Istimewa

MASAMBA - Bupati Luwu Utara (Lutra), Indah Putri Indriani, memuji program perhutanan sosial yang memberikan banyak manfaat bagi masyarakat. Program ini bahkan disebutnya luar biasa karena memberikan akses legalitas berupa izin mengolah hutan bagi warga yang bermukim di kawasan hutan.

“Kementerian LHK tidak sekadar memberikan legalitas, tapi juga memberikan kemudahan bagi warga untuk mengolah hutannya,” kata Indah, saat membuka kegiatan kokreasi Perhutanan Sosial Kementerian LHK di Lapangan Taman Siswa, Masamba, Kamis (7/11/2019) kemarin.

Indah menjelaskan program Perhutanan Sosial ini bermuara pada peningkatan kesejahteraan warga. “Intinya, hutannya kita jaga, dan masyarakat mendapatkan manfaaatnya karena tujuan dari program ini adalah menurunkan angka kemiskinan,” imbuhnya.



Lebih jauh, Indah berharap program Perhutanan Sosial dapat berkelanjutan. “Semoga ini bermanfaat. Ada nilai tambah yang didapatkan. Kreasi ini kan penciptaan. Jadi harus ada yang bisa diciptakan untuk masyarakat kita,” tandasnya.

Kokreasi Perhutanan Sosial ini diisi beberapa kegiatan seperti PeSoNa Goes To School, Pelatihan Fasilitasi Perhutanan Sosial (Farmer To Farmer Mentoring), Pameran Produk PS dan Ngobrol Pintar (Ngopi). Kegiatan yang disebut terakhir adalah kegiatan puncak berupa Penyerahan SK Akses Legal Perhutanan Sosial, yang didahului dengan Talkshow dan Launching Rumah KoKreasi.

Turut hadir dalam acara pembukaan ini yakni Kasubdit Hutan Kemasyarakatan Kementerian LHK Tuti Herawati, Tim Kreatif dari Kementerian LHK, para Kepala Perangkat Daerah Lingkup Pemda Lutra, para Camat, Kepala KPH, Penyuluh Kehutanan Luwu Utara, GenPI Luwu Utara, Kelompok Petani Hutan, para pelajar SMA, serta tamu undangan lainnya.



(tyk)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook