Desa Kahayya Masuk dalam Desa Wisata Kemenparekraf Kategori Berkembang

Senin, 22 Februari 2021 - 14:57 WIB
loading...
Desa Kahayya Masuk dalam Desa Wisata Kemenparekraf Kategori Berkembang
Salah satu pemandangan yang disajikan oleh Puncak Danau Lurayya di Desa Kahayya, yang kini masuk dalam kategori berkembang di Kemenparekraf. Foto: Istimewa
A A A
BULUKUMBA - Kekayaan alam yang dimiliki Kabupaten Bulukumba seakan tidak pernah habis jika disandingkan dalam bentuk pariwisata. Selain keindahan baharinya, daerah berjuluk Bumi Panrita Lopi juga dikenal sebagai daerah yang memiliki dataran tinggi yang keindahannya patut dikagumi.

Desa Kahayya salah satu wilayah yang dimiliki Kabupaten Bulukumba dengan penuh keindahan. Desa yang berjarak 34 kilometer ini terletak di sebelah utara Bulukumba .

Desa yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Sinjai ini pun masuk dalam daftar desa wisata berkembang oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).



“Desa Kahayya sudah masuk dalam daftar desa wisata Kemenparekraf dengan kategori berkembang,” ungkap Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya Pariwisata, Andi Ayu Cahyani, Senin, (22/02/2021).

Andi Ayu menuturkan bahwa, Desa Kahayya yang tepat berada di kaki-kaki Gunung Lompobattang ini sangat berpotensi dikembangkan menjadi desa wisata.

"Desa Kahayya merupakan salah satu desa yang mempunyai potensi yang cukup besar untuk dikembangkan menjadi desa wisata,” terangnya.

Dirinya menjelaskan, di samping kemauan masyarakatnya cukup besar, dukungan dari pemerintah desa, juga beberapa potensi wisata alam yang sangat mendukung.

Indikator desa wisata kata dia, dapat dikategorikan berkembang yaitu mulai dikenal dan dikunjungi masyarakat sekitar dan luar daerah, kesadaran masyarakat mulai tumbuh terhadap potensi wisata .

Andi Ayu menyebutkan, jika di Desa Kahayya telah disiapkan sarana prasarana dan fasilitas pariwisata, mulai tercipta lapangan pekerjaan dan aktivitas ekonomi bagi masyarakat, perlu pendampingan dari Pemerintah, Swasta, NGO, dan lain-lain.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1330 seconds (0.1#10.140)