alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Komisioner KPU Keberatan Fotonya Dipasang Bersama Kandidat Kepala Daerah

Luqman Zainuddin
Komisioner KPU Keberatan Fotonya Dipasang Bersama Kandidat Kepala Daerah
Foto baligho yang dibagikan Endang Sari dalam grup media sosial. Ia melayangkan keberatan kepada penyelenggara lantaran fotonya dipasang bersama figur kandidat kepala daerah. Foto: Istimewa

MAKASSAR - Komisioner KPU Kota Makassar, Endang Sari melayangkan keberatan kepada unit kegiatan mahasiswa (UKM) Keilmuan dan Penalaran Ilmiah, Universitas Hasanuddin Makassar.

Endang keberatan lantaran fotonya dipasang dalam kegiatan presentasi lomba karya tulis ilmiah yang dilaksanakan UKM tersebut. Fotonya dipasang bersama gambar dua orang kandidat kepala daerah di baligho kegiatan.

Menurut Endang, pencantuman fotonya dalam baligho kegiatan tersebut bersama kandidat kepala daerah bertentangan dengan statusnya sebagai penyelenggara Pemilu. Lagi pula menurut dia, foto dia bersama dengan kandidat di baligho dipasang tanpa persetujuan dirinya.



Komisioner KPU Keberatan Fotonya Dipasang Bersama Kandidat Kepala Daerah
Leaflet kegiatan yang sama

"Saya sangat menyayangkan apa yang telah dilakukan oleh UKM Keilmuan dan Penalaran Ilmiah Unhas baik apakah sengaja ataupun tidak, telah mencantumkan foto saya dalam acara presentasi lomba karya tulis ilmiah bersama salah satu figur yang bisa jadi kedepan akan bersinggungan kepentingan dengan tugas saya sebagai penyelenggara Pemilu," terang Endang dalam keterangan yang diterima SINDOnews, Sabtu (9/11/2019).

Selain itu, Endang juga menutut dua hal kepada penyelenggara.

"Segera mencabut spanduk yang bergambar diri saya bersama figur yang mungkin bersinggungan dengan integritas saya sebagai penyelenggara tersebut, agar tidak menyebabkan kesalahan persepsi publik bahkan kecurigaan publik dan itu tidak sesuai dengan prinsip dan etika yang saya yakini sebagai penyelenggara," pinta Endang.

"Saya dengan tegas tidak akan menghadiri kegiatan tersebut karena bertentangan dengan nilai etika serta integritas pribadi yang saya anut sebagai seorang Komisioner KPU kota Makassar yang lahir dari kampus Universitas Hasanuddin," pungkas Endang.

Diketahui, dalam baligho tersebut, foto Endang terlihat berdampingan dengan beberapa narasumber. Seperti Rektor Unhas, Prof Dwia Aries Tina, serta Munafri Arifuddin yang merupakan kandidat Wali Kota Makassar. Ada juga foto Irfan AB yang digadang-gadang maju sebagai kandidat Bupati Kabupaten Maros.

Belakangan, setelah Endang melayangkan keberatan, Baligho tersebut akhirnya diturunkan oleh penyelenggara.



(man)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook